TABAYUNA.com - Pada hari Senin, 12 Desember 2022 di Dusun Watu Belah Desa Trirejo Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga, Muntaamah. Kegiatan tersebut bersamaan dengan agenda Paud Kun dilaksanakan Paud Kunjung di Watu Belah. Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Parenting Pendampingan Pembelajaran Berbasis Alam. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada Orang Tua bahwasannya apa yang ada disekitar Anak terutama di Lingkungan Sekitar bisa dijadikan bahan untuk sumber belajar anak. Karena belajar tidak selalu di Sekolah, tetapi   juga bisa dilakukan di lingkungan sekitar anak apalagi pada masa Usia dini. Masa golden age, dimana kecerdasan anak mencapai 50%.

 

Kegiatan paud kunjung di desa Trirejo ini sendiri dilaksanakan di dua tempat, yaitu di dusun Watu Belah dan Dusun Sejiwan Tegal. Latar belakang dilaksanakannya Paud kunjung ini dikarenakan jarak antar dusun dengan Kelompok Bermain sangatlah jauh sehingga para orang tua enggan untuk menyekolahkan anaknya dengan alasan jarak yang jauh. Sehingga jumlah siswa yang di KB Hidayatul Mubtadi belum terpenuhi sehingga perlu diadakannya Paud Kunjung. Dalam paud kunjung ini guru datang ke dusun kemudian anak-anak bersama orang tuanya. Kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sama di setiap dusunnya. Nurjanah mengatakan "Saya sangat mengapresiasi dengan diadakannya Paud Kunjung ini. Saya mengakui bahwa Semangat dari para guru ini patut ditiru, mengingat pada masa setelah Covid ini masih bersedia berkunjung ke dusun-dusun untuk melaksanakan Pembelajaran untuk anak Usia Dini".

 

“Dengan adanya Paud Kunjung ini sangat baik, apalagi anak-anak bisa beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu juga mengurangi kebiasaan anak yang selalu main handphone. Karena biasanya anak-anak usia dini lebih sering main handphone di dalam rumah. Hal tersebut membuat anak jadi murung dan pendiam. Dengan adanya paud kunjung ini anak-anak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya. Selain itu anak-anak memperoleh bekal untuk  masuk ke jenjang TK. Harapannya siswa juga bisa lebih dewasa ketika masuk ketingkat yang selanjutnya.” Ujar Pawit, salah satu Tuan Rumah Paud Kunjung di Sejiwan Tegal. (Tb44/Siti Nasiroh).

Bagikan :

Tambahkan Komentar