TABAYUNA.com – Pada Senin,  12  Desember  2022, Dosen STAINU Purworejo melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terintegrasi dengan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Watu Belah Wilayah V Desa Trirejo Kecamatan Loano kabupaten Purworejo. Acara tersebut merupakan Parenting Pendampingan Pembelajaran Berbasis Alam. Parenting tersebut didampingi oleh salah satu dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAINU Purworejo, Ibu Nurjanah,S.Sos.,M.Pd. Pendampingan tersebut dilaksanakan untuk memberikan kesadaran kepada Orang Tua betapa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi anak. Karena anak-anak bisa belajar dimanapun tidak hanya disekolah saja. Melainkan bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di alam sekitar.  Missal menggunakan dedaunan ataupun barang-barang bekas.

 

Kegiatan parenting pendampingan pembelajaran berbasis Alam ini memanfaatkan bahan-bahan yang  ada disekitar rumah. Para Wali Murid disediakan berbagai jenis bahan Alam yang meliputi Daun Singkong, Daun Kelapa, Daun  Dadap,  Daun Pisang dan juga botol Plastik bekas. Dari bahan-bahan tersebut dibagikan kepada wali murid secara berkelompok untuk dijadikan berbagai media untuk belajar anak. Dari berbagai benda yang dikreasikan oleh wali murid menghasilkan beberapa media. Diantaranya tangkai daun singkong dijadikan candi, wayangan dan  gunungan. Daun Kelapa dijadikan Keris, Pecut, Belalang, terompet. Daun dadap dijadikan Mahkota yang di padukan dengan daun Kelapa. Daun Pisang dijadikan kepang dan anyaman. Botol plastic bekas dijadikan lampion, vas bunga, dan bunga.

 

Beberapa Orang tua yang hadir mengatakan bahwasannya dalam kegiatan ini perlu sekali disosialisasikan. Selain sebagai sarana bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini, juga sebagai pengingat bahwasannya anak usia dini perlu dibebaskan untuk belajar. Belajar disini bukan hanya belajar di lingkungan Sekolah, melainkan belajar di Lingkungan sekitar rumah. Bahan-bahan yang ada disekitar juga bisa dijadikan media untuk belajar anak. Dari bahan-bahan alam tersebut bisa dikreasikan sesuai dengan kreatifitas anak-anak. Sebagai orang tua juga sebaiknya mendukung dan mendorong anak untuk bisa melakukan sesuatu. Dorongan dari orang tua juga bisa menjadikan anak menjadi lebih percaya diri untuk melakukan sesuatu. (TB44/Siti Nasiroh).

Bagikan :

Tambahkan Komentar