TABAYUNA.com - Pada hari Senin tanggal  12  Desember  2022 di Desa Trirejo tepatnya di Dusun Watu Belah Wilayah V diadakan Parenting dengan Tema Pendampingan Pembelajaran berbasis Alam. Parenting  tersebut merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terintegrasi dengan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) desa Trirejo kecamatan Loano kabupaten Purworejo. Acara tersebut diisi oleh salah satu Dosen Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAINU Purworejo yaitu Ibu Nurjanah, S.Sos.I., M.Pd. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dusun bapak Suparman,  Kepala Kelompok Bermain Hidayatul Mubtadi Ibu Misyati, S.Pd, beserta guru lainnya, dan juga para wali murid KB Hidayatul Mubtadi.

 

Pada masa kini diera digital banyak anak-anak yang bermain dengan gadget atau gawai. Hal tersebut membuat anak menjadi kecanduan dengan Handphone dan menyebabkan anak kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, terutama dengan alam. Padahal pada masa-masa itu otak anak mencapai kecerdasan 50%. Sangat disayangkan sekali ketika pada masa tersebut anak hanya disuguhkan untuk bermain handphone saja. Padahal pada masa merupakan masa yang sangat penting bagi anak untuk bisa mengeksplore alam. Dengan hal tersebut sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat maka perlu diadakannya sebuah pendampingan terkait penggunaan media pembelajaran berbasis alam. Adanya Pendampingan tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada Orang Tua bahwasannya bahan-bahan yang ada disekitar kita bisa dijadikan sumber pembelajaran untuk anak-anak. Mengingat betapa pentingnya pendidikan anak usia dini yaitu pada masa Golden Age.

 

“Kegiatan Parenting ini sudah bagus tentunya, sangat menarik dan sangat membantu wali murid, dan juga menambah ilmu khususnya untuk para wali murid. Karena kegiatan parenting ini dari mulai awal masuk Paud Kunjung belum pernah diadakan Parenting sama sekali, sehingga acara ini memang sangat membantu bagi kami untuk mensosialisasikan pentingnya pendidikan anak usia dini . Harapannya setelah diadakan Parenting ini kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada usia dini meningkat. Mengingat pada saat ini sedang diera digital, biasanya anak-anak dirumah hanya bermain dengan gadget saja. Misal anak-anak menangis juga larinya langsung ke Handphone” kata Ibu Misyati,S.Pd. Kepala KB Hidayatul Mubtadi.  (Tb44/Siti Nasiroh).

Bagikan :

Tambahkan Komentar