Oleh :Ariny Sumarwati

Mahasiswi INISNU Temanggung

Pancasila Sebagai Dasar Etika Kehidupan Berbangsa dan bernegara sepertitelah dijelaskan diatasnilai sila Pancasila ialah suatu metode nilai, maka disini setiap sila memiliki nilai namun sila tersebut berkaitan, bertautan dan terhubung dengan nilai yang lainnya serta memiliki kedusukan yang sama. Menurut Christian Siregar (2014)

Pancasila sebenarmya sebagaifondasi bersama bagi setiap komponen untuk menjadi bagian dari masyarakat Indonesia untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, baik secara pribadi ataupun bersosial.Oleh karena itu pada kaitannya menggunakan nilai etika ini lah yang tercantum pada pancasila adalah sekumpulan bidang yang di angkat berdasarkan prinsip nilai kehidupan dan berkembang dalam masyarakat. Dalam tingkatan pancasilamenjadi dasar nilai filsafat  Negara, makawajib diuraikanpada suatu kebiasaanyang dimana panduanperwujudan dalam aktivitas sehari-hari. Menurut Sri Rahayu Amri (2018)Pancasila Sebagai Nilai Dasar dan sistem Etika Negara Indonesia1. Makna Nilai Dasar Pancasila Makna nilai dasar pancasila dikaji dalam perspektif filosofis yaitu, Pancasila sebagai dasar filsafat negara serta sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia yang pada hakikatnya merupakan suatu nilai yang bersifat sistematis. Pengertian Pancasila harus dimaknai kesatuan yang bulat, hirarkhis dan sistematis. Dalam pengertian itu maka Pancasila merupakan suatu sistem filsafat sehingga kelima silanya memiliki esensi makna yang utuh.Dasar pemikiran filosofisnya yaitu Pancasila sebagai filsafat bangsa dan negara Republik Indonesia, mempunyai makna bahwa dalam setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan serta kenegaraan harus berdasarkan nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan. Titik tolaknya pandangan itu adalah negara adalah suatu persekutuan hidup manusia atau organisasi kemasyarakatan manusia. Hal demikian dapat dijelaskan sebagai berikut

:1) Nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia sebagai kausa materialis. Nilai-nilai itu sebagai hasil pemikiran, penilaian kritik serta hasil refleksi filosofis bangsa Indonesia.2) Nilai-nilai Pancasila merupakan filsafat (pandangan hidup) bangsa Indonesia sehingga merupakan jati diri bangsa, yang diyakini sebagai sumber nilai atas kebenaran, kebaikan, keadilan dan kebijaksanaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila di dalamnya terkandung ketujuh nilai￾nilai kerohanian yaitu nilai-nilai kebenaran, keadilan, kebaikan, kebijaksanaan, estetis dan religius yang manifestasinya sesuai dengan budi nurani bangsa Indonesia karena bersumber pada kepribadian bangsa. Oleh karena itu, Pancasila yang diambil dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia pada dasarnya bersifat religius, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan .Disamping itu Pancasila bercirikan asas kekeluargaan dan gotong royong serta pengakuan atas hak-hak individu.Menurut Sry Rahayu Amri (2018).

Pancasila sebagai sistem etika mendasarkan penilaian baik dan buruk pada nilai-nilai pancasila, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.

 Kelima nilai Pancasila ini akan membetuk perilaku warga negara  Indonesia agar tetap bersatu meskipun memiliki keyakinan masing - masing .

 Pancasila merupakan proses  pembentukan nilai yang hidup dalam kenyataan keagamaan,sosial atau  adat kebudayaan bangsa indonesia, tapi sebenarnya nilai-nilai pancasila juga bersifat universal ( bersifat umum ), jadi bisa diterima oleh siapapun dan kapanpun oleh warga negara Indonesia

1. Nilai Pancasila  yang pertama yaitu ketuhanan yang esa

Secara susunan atau urutan   nilai Pancasila yang pertama merupakan nilai yang tertinggi karena menyangkut nilai ketuhanan atau nilai Pancasila yang  bersifat mutlak. Nilai Pancasila yang pertama merupakan patakon dari nilai -nilai sila yang lain . karena nilai -nilai kebaikan sila yang  lain di turunkan dari nilai Pancasila ke satu ini  .Di katakan baik apabila  melakukan perbuatan yang baik dan tidak bertentangan dengan hukum Tuhan dengan  keyakinan masing-masing dan kaedahnya, bagi seluruh warga Indonesia.

Dikatakan baik karena melakukan Perbutan yang baik dan  sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan,  dalam nilai kemanusiaan  yang adil dan beradab haru memiliki prinsip pokok .pancasila merupakan  yang kudua ini merupakan  nilai Keadilan dan keadaban manusia. Keadilan dalam  nilai Pancasila yang ke dua harus memiliki keseimbangan,di antara lahir dan batin,jasmani dan rohani.  keadaban dalam nilai Pancasila yang ke dua memberikan petunjuk suatu kesopan dan keunggulan manusia. Apabila banding di bandingkan  dengan makhluk lain seperti hewan, tumbuhan dan benda - benda yang mati sangat tidak tepat.

Maka dari manusia dikatan baik karena didasarkan pada konsep keadilan dan keadaban. Dari nilai kemanusiaan akan  menghasilkan nilai kesusilaan contohnya seperti tolong menolong sesama,  penghargaan antara umur yang muda ke yang lebih tua,  dan kerjasama dengan baik.

3. Nilai Pancasila yang ketiga  yaitu persatuan Indonesia

 Dikatakan baik  kalu bisa memperkuat persatuan dan kesatuan seluruh warga Indonesia. Karena bisa jadi  ada salah satu orang atau kelompok   seakan akan mendasarkan perbuatannya dengan atas nama agama, tapi perbuatan  dari orang tertentu atau kelompok tersebut bisa melakun perbuatan yang  dapat memecah  belah persatuan dan kesatuan warga Indonesia, karna kadang seseorang kalau belom tau betul dan imannya kurang kuat , otaknya bisa dicuci karena kalau sudah mendengar kata - kata tuhan akan mudah percaya. Untuk menghindari dari hal yang seperti itu harus memiliki pandangan dari nilai etika Pancasila.

4. Nilai Pancasila yang ke empat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan / perwakilan

Didaalam suatu  kaitan dengan kerakyatan terkandung dalam nilai Pancasila yang ke empat ini karena nilai Pancasila ulyang sangat  penting  karena hubungan dengan sesama musia .Hikmat/ kebijaksanaan sikap manusia yang harus mempunyai kebaikan yang tinggi karena mengandung  tindakan.Mencari kebaikan, pandangan yang kurang atau minim tentu jurang tahu tentang kalah di bandingkan dengan pandangan yang mayoritas. Perbuatan itu  belum tentu baik kalau belum disetujui/bermanfaat untuk  seluruh warga Indonesia. Tapi  perbuatan itu baik jika memiliki dasar musyawarah.  Musyawarah akan dasarkan pada konsep hikmah/kebijkasanaan.

5. Nilai Pancasila yang ke lima yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Akan ada arahkan pada saat melakukan nilai Pancasila yang ke lima ini pada suatu  konteks sosial. Perbuatan baik itu yang sesuai dengan tujuan keadilan  seluruh masyarakat .Keadilan sosial bebas berteman dengan siapa saja.  Pancasila sebagai suatu kesatuan   etika  yang  sangat kuat nilai-nilai  dan tidak bersifat menda r saja , tapi juga realistis dan aplikatif.

 

Bagikan :
Selanjutya
This is the most recent post.
Sebelumnya
Posting Lama

Tambahkan Komentar