Oleh Elva Lestari

INISNU Temangung, Indonesia

Indonesia merupakan negara akan kaya pendidikan non formal seperti pondok pesantren  yang menjadi warisan para wali dan merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Jadi tidak mengheran kan jika tercatat kurang lebih 28 ribu pondok pesanten yang ada di Indonesia. Sehingga pondok pesantren harus kita jaga dan  kita kembangkan dengan seiring perkembangan zaman. Terutama dalam sistem informasi manajemen (SIM). Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu hubungan antara komponen-komponen input, proses, dan output sehingga dapat menghasilkan keputusan oleh seorang manajer atau pemimpin dalam lembaga atau organisasi tersebut.

Seiring perkebangan  zaman pondok pesantren dituntut untuk ikut perubahan yang ada, dimana sekarang  pondok  pesantren sudah menggunakan sitem teknologi dalam keberlangsungan dalam  kehidupan pondok pesantren dengan  pengelolaan yang lebih baik. Dan banyak pondok pesantren yang berada dibawah naungan institusi atau yayasan segala kebijakan tidak lagi ada pada kyai tetapi pada pengurus-pengurus yayasan yang ditunjuk untuk mengelola sesuai dengan tupoksinya.

Menurut (Pondok et al., 2020) dalam jurnalnya menyatakan bahwa penerapan sistem informasi manajemen sangat penting diterapkan dalam pondok pesantren, karena dapat memudahkan pengurus atau pengelola pondok pesantren dalam mengatasi kesulitan membangun komunikasi yang efektif dan efisien antara pengasuh pondok pesantren, ustaz ustazah yang mengajar di kelas, bendahara pondok pesantren, sampai pada wali santri. Dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen berupa sistem informasi santri yaitu berbasis aplikasi dimana semua yang berkepentingan di pondok pesantren dengan mudah mengontrol aktivitas di pondok pesantren. Seperti pengasuh, ustaz ustazah, administrasi, dan wali santri pondok pesanteren dengan  mudah terhubung dan mengakses informasi seperti perkembangakan santri dalam bidang akademik maupun non akademik. Dari informasi yang bermanfaat tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan manajemen pondok pesantren untuk kedepannya. Sistem informasi manajemen tersebut bernama Sitem Informasi Santri Pondok Pesantren Nur El Falah (SISNEF), Bank Santri Nur El Falah (BSN), dan Cek Pembayaran Pesantren Nur El Falah (Payment). Dimana apalikasi ini dapat diunduh melalui google play store dan terdapat sistem yang bersifat privat atau hanya orang-orang yang diizinkan saja sehingga hanya tersedia di aplikasi netstore saja.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM) sangat memiliki peran penting dalam perkembangan dan keberlangsungan pondok pesantren. Seiring mengikuti perkembangan zaman juga dapat memudahkan semua warga dan orang yang berhubungan dengan pondok pesantren mudah dalam menggali informasi dan berkomunikasi secara efektif dan efisien. Dari informasi tersebut juga dapat dijadikan pengambilan keputusan oleh pimpinan atau manajer pondok pesantren untuk perencanaan kedepannya pondok pesantren yang lebih baik.

 

Sumber:

Artikel, I., Informasi, S., Pendidikan, M., & Wutsqa, P. A. (2022). PONDOK PESANTREN. 9(2), 1–14.

Pondok, D. I., Nur, P., & Falah, E. L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Melalui Sistem.

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar