Ilustrasi Logo Persema. (dok Maarif NU Jateng)

Semarang, TABAYUNA.com - Berdasarkan hasil registrasi sementara, peserta Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif (Posema) XII Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah 2023 terdata sebanyak 5,938 calon peserta atlet dan official dari seluruh Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Porsema XII Abdullah Muchib, Ahad (22/1/2023).

"Jadi total sementara untuk peserta dari unsur pelajar adalah 4615, sedangkan sisanya adalah official atau pendamping. Total sementara peserta dan pendamping yang sudah memenuhi syarat tercatat 5938," kata Muchib dalam siaran pers yang diterima Tabayuna.com.

Pihaknya juga menginformasikan, bahwa sesuai data Sistem Informasi Ma’arif NU (SIMNU), terdapat 3.749 akun lembaga, 3.079 satuan pendidikan, 36.094 tenaga pendidik, dan 298.054 peserta didik. Data tersebut menunjukan bahwa jumlah satuan pendidikan LP Ma’arif NU Jawa Tengah sangatlah besar, didukung dengan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan NU semakin tinggi. Maka melalui Porsema nanti diharapkan banyak melahirkan potensi di bidang olahraga dan seni," kata dia.

Porsema XII menurut Muchib, telah dilakukan berbagai tahapan. "Jadi sebelum final tingkat Jateng, semua Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PCNU se Jateng telah melakukan Porsema tingkat cabang. Sedangkan rangkaian Porsema XII Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jateng akan digelar pada 9-12 Februari 2023 di Kabupaten Semarang," lanjut dia.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah R. Andi Irawan mengatakan bahwa Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (PORSEMA) XII ini dimaksudkan sebagai wahana penyalur bakat, minat, pengetahuan, dan keterampilan dalam rangkaian kegiatan yang menyenangkan, mandiri, silaturrahmi, sportif, dan bermanfaat serta membentuk karakter.

Tujuan Porsema adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, memantapkan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme, serta loyalitas terhadap Jamiyah Nahdlatul Ulama, penguatan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nandliyah, penguatan motivasi terhadap kegiatan yang telah dipelajari di masing-masing satuan pendidikan dan daerahnya masing-masing, menjaring potensi pelajar madrasah/sekolah LP Ma’arif NU di bidang olahraga dan seni, mendorong terbentuknya generasi muda penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani sebagai perwujudan pembangunan Indonesia seutuhnya.

Pihaknya berharap agar Porsema XII tahun 2023 ini berjalan baik dan lancar dan semua pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif PCNU se Jawa Tengah bersama-sama menyukseskannya. (TB44/Ibda)

Bagikan :

Tambahkan Komentar