Yogyakarta, TABAYUNA.com - Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu mata kuliah yang direplikasi dalam bentuk kegiatan kerja di lembaga pendidikan internasional. Harapan dari prodi PAI adalah luaran dari kegiatan yaitu laporan KKL dan kegiatan ini memberikan manfaat dan pengalaman lembaga pendidikan kepada calon guru PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung, ujar Luluk Ifadah, M.S.I. selaku Kaprodi PAI INISNU Temanggung, Senin (30/01/2023).


Acara dilanjutkan sambutan oleh kepala Secondary Ma'had pertama, lembaga ini berdiri atas kerja fisik dan pikiran juga batin secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan bahasa asing yang dihabituasi kepada santri ketika pembelajaran dan komunikasi sehari-hari. Kedua adalah karakter yang diwujudkan dengan sikap sehari-hari.


Acara dilanjutkan sesi diskusi oleh pengelola Kang Abid yang memaparkan Ma'had dan Madrasah terintegrasi yaitu bahasa Arab dan berbahasa Inggris. Kurikulum mengadopsi dari Kemenag, Kemendikbud dan juga International kurikulum dari Cambridge Inggris.

Beberapa kegiatan di sekolah ini diantaranya Taujih time (Adab, motivation dan kesantrian), English usage, CCA dan ECA. Hafalan Quran juga dzikir during qiyamul lail, family time call dan Musyrif time dengan konseling kepada santri. Ujar Kang Abid.

Acara dilanjutkan diskusi oleh Ibu Dewi selaku waka kurikulum yang menyampaikan karakter siswa yang disebut Afkaacircles yaitu shiddiq, tahamul, discipline, self reliance, communication, adaption, leadership diharapkan memberi kontribusi bagi pengembangan kurikulum madrasah Indonesia. Tambah guru Alumni UNY tsb.

Sekolah dengan visi Preparing santri to become al insaan al kaamil and locally rooted global citizen. Banyak siswa berasal dari berbagai latar belakang dari Indonesia ada santri dari luar negeri yang sekolah di sini, tambah Ibu Dewi Asli Temanggung ini.

Acara berlangsung meriah dan antusias diikuti para peserta Mahasiswa PAI INISNU Temanggung. Perlu diketahui bahwa prodi PAI mendapat akreditasi B (Baik Sekali) oleh BAN PT dan diberi kesempatan dengan membuka program S2 PAI. Banyak lulusan prodi PAI yang menjadi pengusaha, ASN dan melanjutkan ke program pasca sarjana baik beasiswa maun non mandiri. (STU)

Bagikan :

Tambahkan Komentar