Oleh: Akhmad Adham Ali

Kelas Mpi 3A Prodi Manajemen Pendidikan Fakultas Tarbiyah INISNU TEMANGGUNG

Mengingat kemajuan zaman tidak dapat dibendung yang mana pesantren di Indonesia banyak yang belum bisa mengikuti dan memanfaatkan kemajuan ini dengan maksimal untuk mengembangkan lembaga dan sebagai media yang dapat membantu dalam pendidikan di pesantren dengan alasan-alasan tertentu. Akantetapi dapat kita lihat bahwasanya Sistem Informasi Manajemen sangat berperan penting dalam memajukan sebuah lembaga seperti Pondok Pesantren, mengingat sebuah lembaga pendidikan sangat membutuhkan informasi-informasi yang harus di olah untuk memutuskan keputusan-keputusan yang bermanfaat untuk masa depan lembaga pendidikan yang lebih baik yang sesuai dari tujuan pendidikan.

Maka dari itu perlu ada pengembangan manajemen dalam pengelolaan agar tetap bisa mengikuti perkembangan zaman. Sistem Informasi Manajemen Pondok Pesantren perlu dikembangkan untuk dapat mendata semua sumber daya manusia, dari kepengurusan, santri, dana madrasah dan pondok(Setiawan dan Sulaksono 2019).

 Mengutip (Yaqin dan Sa’adah t.t.) Sistem Informasi merupakan gabungan dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasi dan data yang saling berinteraksi untuk menyimpan, mengumpulkan, memproses, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Ada banyak macam dari Sistem Informasi Manajemen akan tetapi sistem informasi yang memiliki peran penting di lembaga pendidikan pesantren yaitu:

Pertama, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM) di pesantren berperan dan berfunsi untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan sumber daya yang ada di pesantren. Sistem sumber daya manusia mendukung kegiatan di pesantren seperti mengenali santri, menjaga catatan lengkap mengenai santri yang ada, dan menciptakan program yang dapat mengembangkan pendidikan santri di pesantren.

Dan kedua, Sistem Informasi Keuangan Dan Akuntansi memiliki peran dan fungsi penting yang berhubungan dengan pengelolaan aset keuangan pesantren, seperti uang pembiayaan dan operasional pesantren untuk akuntansi sendiri berfungsi menjaga dan mengelola catatan keuangan pesantren, penerimaan, pembayaran untuk menghitung arus dana dalam pesantren.

Dari Sistem Informasi Manajemen yang di kelola dengan baik akan menghasilkan informasi yang di butuhkan lembaga pesantren untuk memutuskan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat untuk pesantren dan tujuan pendidikan di pesantren.

Kesimpulannya sebuah lembaga seperti pondok pesantren perlu mengikuti zaman dengan cara mengelola sistem informasi manajemen terutama di bidang sistem informasi sumberdaya manusia dan sistem informasi keuangan dan akuntansi dalam mengelola kegiatan pendidikan di pesantren.

DAFTAR PUSTAKA

Setiawan, Ahmad Bagus, dan Juli Sulaksono. 2019. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL ISHLAH KOTA KEDIRI. Vol. 4.

Yaqin, M. Ainul, dan Alfionita Sa’adah. t.t. “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Pondok Pesantren Dengan The Open Group Architecture Framework (Togaf).” Nanda Nafisah Puspithasari 5(341):551–354.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar