Oleh Asma'ul Khusnah

Mahasiswi PIAUD Inisnu  Temanggung semester 5

Manajemen penyelenggaraan PAUD sangatlah penting untuk di terapkan, hal ini berkaitan dengan kualitas yang akan dihasilkan, out put yang dihasilkan menentukan tingkat kualitas dari sekolah itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa manajemen penyelenggaraan PAUD merupakan seni dalam pengelolaan untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Didalam mengelola suatu lembaga tidak akan mungkin berjalan dengan baik tanpa adanya kerja sama dari semua pihak terkait yang ada di sekolah. Pengelolaan itu sendiri harus terencana, terprogram secara terorganisasi dengan baik. Harus ada perencanaan yang matang baik itu rencana jangka panjang maupun rencana jangka pendek.

RA Masyithoh Prapak berstatus swasta ( yayasan). Yayasan/Lembaga Penyelenggara adalah Yayasan Muslimat NU Kecamatan Kranggan. Manajemen yang di terapkan di RA Masyithoh Kranggan  meliputi dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling), berjalan tahap demi tahap untuk mencapai tujuan yang diharapkan atas dasar musyawarah mufakat bersama. Harapan kami dengan menerapkan manajemen yang lebih baik maka semakin baik pula kualitas sekolah kami. Peningkatan profesionalitas guru terus dikembangkan. Adanya guru yang sudah linear dibidang ke-PAUD-tan menjadi salah satu dari sekian usaha untuk menerapkan manajemen yang lebih baik. Di sekolah kami mungkin masih jauh dibanding sekolah PAUD lainnya, akan tetapi kami yakin kami bisa menjadi lebih baik terus membaik dengan manajemen yang terencana dengan baik.

RA kami dibawah naungan Yayasan Muslimat NU, berbasis Ke-NU-an yang sangat mengental akan ajaran ke-NU-an. Dalam pembelajarannya pendidikan karakter islami terus di berikan kepada anak-anak. Pengurus RA memberikan dukungan penuh baik moril maupun materiil. Rapat dengan pengurus dilaksanakan triwulan sekali. Hubungan sosial dengan lingkungan sekitar terjalin dengan sangat baik. Saling memberikan timbal balik, saling berpartisipasi aktif.

Pengadaan Kegiatan parenting menjadi salah satu penghubung kami dengan wali murid. Kami melakukan komunikasi secara terus menerus dengan wali murid dalam berbagai bentuk kegiatan. Hal ini kami lakukan agar tercipta suatu kerja sama yang utuh di lingkup lembaga kami. Komunikasi harus tetap di jaga dengan baik, komunikasi kami dengan wali murid sangat  mempengaruhi perkembangan proses belajar pada anak. Perencanaan akan terlaksana karena adanya dukungan penuh baik dari pihak pengurus, komite, guru, wali murid dan masyarakat sekitar. Di RA kami juga mengadakan mujadahan do’a bersama.

Visi kami adalah ”Terbentuknya manusia yang beriman, bertakwa, berbudi luhur mandiri, cerdas, dan tampil”

Misi sekolah kami demi terciptanya visi sekolah yaitu :

1.         Melatih anak yang sholeh dan sholehah.

2.         Melatih kemandirian.

3.         Memupuk kecerdasan dan kreatif.

4.         Memaksimalkan pembelajaran dengan memegang prinsip belajar sambil bermain.

Pembagian tugas guru disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing. Pengawasan yang dilakukan secara rutin baik dari Pengawas Sekolah, Pengurus, maupun Kepala Sekolah menjadi kontrol kinerja.

Dalam manajemen kurikulum ada tim penyusun kurikulum. Perencanaan kurikulum disusun sebelum mulai pembelajaran ajaran baru. Kurikulum yang sudah tersusun diperiksa terlebih dahulu oleh Pengawas RA agar dalam pelaksanaannya tepat sasaran sesuai dengan Kurikulum Pendidikan yang berlaku.

Promosi peserta didik baru melalui iklan baik iklan off line maupun iklan promosi lewat on line dengan menggunakan media sosial. Dengan memberikan pelayanan terbaik kepada wali murid adalah prioritas kami,karena bagi kami wali murid sebagai brosur berjalan bagi kami. Kami terus mengupayakan pelayanan terbaik di sekolah kami.

Pencatatan peserta didik pada awal pembelajaran baru dalam pencatatan data peserta secara langsung kami kelompokkan berdasarkan urutan abjad, agar lebih mudah dalam memanajemen peserta didik, selain itu kami juga mengelompokkan berdasarakan usia, agar pemberian pembelajaran bisa tersalur dengan tepat sesuai standar pencapaian perkembangan anak sesuai usianya.

Struktur organisasi dalam lingkup tenaga kependidikan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Di RA kami terdapat 4 guru, 3 diantaranya sudah lulusan sarjana pendidikan anak usia dini. Pengangkatan tenaga pendidik tidak serta merta diangkat begitu saja akan tetapi melalui seleksi terlebih dahulu. Pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan melalui supervisi dan mengikuti  seminar/workshop pengembangan profesionalitas tenaga kependidikan.

Pengadaan kegiatan parenting sebagai wujud dari program kemitraan dengan keluarga.

Untuk pembiayaan, di sekolah kami disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, hal ini agar dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat sekitar. Karena dengan pembiayaan yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para orang tua untuk anaknya bersekolah. Sumber pembiayaan pendidikan berasal dari bantuan pemerintah dan swasembada syariah wali murid.

Perencanaan anggaran dan belanja lembaga kami, kami susun sedemikian rupa berdasarkan kebutuhan proses belajar mengajar. Dalam pelaksanaan anggaran pendidikan, anggaran yang kami keluarkan berdasarkan perencanaan pada perencanaan anggaran dan belanja. Pengawasan pembiayaan dilakukan dengan seksama oleh Kepala Sekolah.

Sekolah kami dalam hal pembelajaran ke tingkat jenjang lebih tinggi bekerja sama dengan MI Salafiyah Prapak yang mana lokasinya tidak jauh dari RA kami. Karena dengan begitu ilmu yang didapat selama di RA akan berkelanjutan di Madrasah Ibtidaiyah. Kami juga bekerja sama dengan MWC NU Kranggan, dalam hal ini biasanya untuk pemberian materi tentang ke-NU-an ke wali murid sehingga dengan pembekalan materi ke-NU-an akan meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Di bidang kesehatan kami juga bekerja sama dengan Puskesmas Kranggan, pemeriksaan secara rutin yang dilakukan pihak Puskesmas sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada anak didik kami.

Kepemimpinan dan supervisi pendidikan oleh Pengawas RA dan Kepala Sekolah. Setiap guru di supervisi oleh Kepala Sekolah, begitu pula dengan Kepala Sekolah yang di supervisi oleh Pengawas RA.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar