Oleh Nurmashinta Fadhilah 

Mahasiswa INISNU Temanggung

Management product dalam Bahasa Indonesia berarti manajemen hasil. Sedangkan Management output diartikan sebagai manajemen keluaran. Dampak langsung yang dilihat setelah proses pembelajaran yang disebut juga gambaran hasil. Gambaran hasil sendiri dapat dilihat dari indikator yang jelas, terukur, dan dapat diamati. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui berbagai aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh anak. Bagaimana anak bergerak aktif, bagaimana anak bersosialisasi dengan teman atau orang lain, serta bagaimana pencapaian yang telah mengalami perkembangan oleh anak. Pengelolaan evaluasi hasil sangat bermanfaat sebagai alat komunikasi dan pendekatan antara guru dan orang tua siswa.

Berbagai pertanyaan yang telah disebutkan diatas dapat dijadikan sebagai bahan pengamatan untuk mengevaluasi proses dan hasil dalam instrumen pembelajaran. Berbagai proses pembelajaran yang telah dicapai dapat diabadikan melalui ragam teknik evaluasi pada Lembaga PAUD. Penyampaian perkembangan hasil evaluasi anak merupakan bentuk tanggung jawab dan akuntabilitas publik dari Lembaga penyelenggara pada masyarakat. Hasil yang di;aporkan juga harus memiliki data otentik (asli) mengenai perkembangan anak. Selain sebagai bahan pertanggungjawaban kepada orang tua siswa, hasil evaluasi juga dapat digunakan sebagai bahan telaah dan refleksi yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Dalam evaluasi product dan output, pendidik dapat memberikan catatan yang menjadi bahan laporan ketika evaluasi kurikulum sedang diselenggarakan. Dalam evaluasi tersebut juga melibatkan guru lain dan berbincang mengenai pengembangan kurikulum sebagai bentuk penyesuaian diri tentang kebutuhan, kondisi, dan perkembangan anak.

Evaluasi hasil dan keluaran juga dapat menjadi bahan perbaikan untuk lembaga terhadap muatan kurikulum yang telah digunakan. Informasi yang digambarkan dijadikan sebagai bahan analisa pada bagian mana kurikulum yang belum dicapai. Data keluaran juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengamatan kegagalan dan keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai melihat gambaran secara individual sehingga dapat melihat keunikan pribadi yang dimiliki oleh anak.

Dapat disimpulkan dalam evaluasi product dan output memiliki manfaat dalam proses pembelajaran seperti mengidentifikasi kelemahan proses pembelajaran, melakukan perbaikan terhadap muatan kurikulum, menelaah kegagalan dan keberhasilan kegiatan pembelajaran, mengidentifikasi aspek-aspek pengembangan mana saja pada anak yang telah optimal maupun yang belum optimal, memberikan gambaran performansi anak secara individual.

Berbicara mengenai hasil dan keluaran, dalam manajemen Pendidikan di lembaga PAUD juga ada istilah Outcomes atau manajemen lulusan. Lulusan (outcomes) merupakan gambaran tentang anak setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Pendidikan dari suatau lembaga Pendidikan. Lulusan dari suatu lembaga Pendidikan terjadi setelah anak secara resmi menyelesaikan pendidikan tertentu di suatu lembaga dan telah melanjutkan Pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Kualitas perkembangan anak pada pembelajaran jenjang selanjutnya akan menemukan kesan tentang latar Pendidikan sebelumnya yang diterima oleh masing-masing anak. Maka dari itu penyelenggara lembaga Pendidikan PAUD harus memperhatikan bagaimana outcomes lembaga pendidikannyaketika berada di lembaga Pendidikan lanjutan. Namun, persepsi lembaga lanjutan bukan merupakan tujuan utama dari outcomes.tujuan utama outcomes adalah memantau dan menggambarkan berbagai tingkat penyesuaian diri pada bagian tertentu kemampuan anak yang dapat melakukan kompetisi dengan anak-anak dari lembaga Pendidikan lainnya.

Pengelolaan evaluasi outcomes dapat dimanfaatkan sebagai perbaikan kurikulum berdasarkan indikasi dan gambaran mutu kelulusan. Jika tampilan outcomes dianggap masih belum memiliki kesiapan mengikuti materi pembelajaran yang dilakukan ke jenjang selanjutnya diatas 40% maka pihak lembaga PAUD harus melakukan refleksi terhadap penetapan tujuan kelembagaan, program pengembangan yang ditawarkan, atau berbagai proses pembelajaran yang dilakukan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar