Oleh Futimatul Islamiyah

Mahasiswa Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Pendidikan kewarganegaraan di SD/MI memiliki kemampuan yang kreatif,berpikir secar kritis dan rasional dalam isu kewarganegaraan.Siswa juga akan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab.

Selain itu,juga diterapkan profil pelajar pancasila yang mana suatu proyek penguatan nilai-nilai pancasila yang dirancang mentri pendidikan dan kebudayaan yang ditujukan untuk pelajar di indonesia.proyek profil pelajar pancasila diterapkan disekolah baik didalam kelas maupun  kegiatan ekstrakurikuler yabg disesuaikan dengan minat dan bakat pelajar. Maka dari itu, penerapan profil pelajar pancasila diharapakan dapat mendorong peserta didik menjadi pelajar yang berkarakter dan berperilaku  sesuia dengan nilai pancasila khususnya pelajar SD/MI. Seperti yang dikatakan  Bapak Pendidikan Indonesia,Ki Hajar Dewantara " anak-anak perlu didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat, supaya mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja tetapi mengalaminya sendiri dan hidupnya tidak berpisah dengan rakyat.

Karakteristik profil pelajar pancasila yabg dapat diterapkan ada 6 yaitu:

Beriman/berakhlak mulia

Sesuai dengan sila pertama dalam pancasila sebagai dasar negara "Ketuhuhanan Yang Maha Esa". maka dalam proyek ini akan berkenaan dengan pelajar Indonesia khususnya di SD/MI bagaimana berakhlak dengan Tuhan Yang Maha Esa sebagai sang pencipta dan pelajar akan memahami kepercayaan dan ajaran agama dalam kehidupam seharai-sehari.dalam proyek ini ada lima elemen berakhlak atau beriman yaitu, akhlak kepada agama, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, akhlak kepada negara dan akhlak kepada diri sendiri.

Berkebinekaan global

Sesuai dengan bhineka tugggal ika "Meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa indonesia tetap adalah satu kesatuan". Dalam hal ini pelajar Indonesia harus mempertahankan leluhurnya dengan menghargai dan mengenal budaya, berinteraksi dengan sesama dalam komunikasi interkultural, tanggung jawab dan refleksi terhapad kebhinekaan.

Gotong Royong

Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan dan suka rela agar berjalan dengan ringan,lancar dan mudah dengan melakukan kolaborasi, kebiasaan, dan berbagi

Mandiri

Kesadaran akan diri sendiri dengan situasi yang akan dihadapi dan regulasi diri

Bernalar krisis

Dalam hal ini pelajar Harus membangun keterkaitan antara menganalisisi informasi,berbagi informasi, mengevaluasi dan menyimpulkan

Kreatif

Kreatif dapat diartikan untuk menghasilkan sesuatu yang orisional, bermanfaat, dan bermakna.

Penerapan karakter profil pelajar pancasila disekolah melalui, budaya sekolah, kokurikuler maupun ekstrakurikuler dam pembelajaran intrakurikuler.

1.Budaya sekolah,dimensi pelajaran pancasila dengan diintegrasikan pada pola interaksi dan komunikasi,iklim sekolah, serta kebijakan norma yang berlaku di sekolah

2. Kokurikuler,diintegrasikan dengan kegiatan proyek yang di berikan

3. Ekstrakurikuler,kegiatan diintegrasikan dengan bakat dan minat

4. Pembelajaran intrakulikuler, kegiatan yang melakukan tujuan pembelajaran,capaian pembelajaran dan topik/materi pembelajaran.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar