Oleh
Sudarsih Dwi Ningrum

Setiap pagi hari siswa MI Ma”arif Al-Huda Canggal melakukan kegiatan mujahadah di halaman sekolah. dengan membiasakan siswa melakukan kegiataan mujadah di pagi hari akan menumbuhkan kebiasaan yang baik.Setiap pagi siswa siswinya sebelum melakukan mujadah pagi anak-anak berada di dalam kelas untuk melakukan hafalan Al-Qur’an.setelah anak-anak selesai melakukan hafalan AL-Qur’an.kegiatan mujadah dimulai kegiatan tersebut dipimpin oleh bapak kepala sekolah dan Guru secara bergantian yang sudah dijadwalkan oleh bagian kurikulum.

Kegiatan yang dilakukan di pagi hari membuat anak-anak merasa senang dan Bahagia karena bisa melakukan kegiatan rutinitas setiap hari Bersama teman-teman sebaya mereka.selain hal itu anak-anak juga merasa sehat karena di halaman sekolah di pagi hari terdapat vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari. Selain mendapatkan vitamin D anak-anak juga mendapatkan kegiatan yang menimbulkan pesan-dam kesan religi yang bermakna yang akan dibawanya hingga akhir hayat.

Menurut kepala madrasah ibtidaiyah Ma’arif Al-Huda Canggal Bapak Arif Samsudin mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan mujahadah pagi akan melatih kebiasaan baik pada siswa.tidak hanya itu nantinya siswa akan terbiasa dengan kegiatan tersebut.kondisi seperti ini akan membantu dan mendorong siswa untuk aktif dalam kegiatan keagamaan dan akan membawa dampak positif di kehidupan bermasyarakat.

Banyak kegiatan pagi yang diajarkan di madrasah ibtidaiyah Ma’arif Al-Huda Canggal.dari mulai membaca asmaul husna hingga membaca sholawat nabi.setiap pagi kegiatan ini diterapkan kepada siswa-siswi MI Ma’arif Al-Huda Canggal.kegiatan mujadah ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 45 menit.tidak hanya siswa-siswi saja yang diajarkan tentang keagaamaan guru juga ikut andil dalam kegiatan mujadah pagi.

Kepala MI Ma’arif Al-Huda Canggal mengacu Pendidikan 70% materi agama dan 30% pembelajaran umum. Hal ini dilakukan agar Pendidikan agama tidak usang dengan berjalannya waktu. Tak hanya itu saja tujuan dari Pendidikan agama adalah mendidik karatkter siswa MI Ma’arif Al-Huda Canggal agar memiliki karakter  Ahlus Sunnah wal Jama’ah  sikap ini tampak banyak hal, baik dalam segi hal aqidah, hukum, perilaku, akhlak maupun lainnya.

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar