Yogyakarta, TABAYUNA.com
- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan kuliah bersama praktisi yang diselenggarakan pada hari Kamis 25 Mei 2023 secara daring.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara dosen dan praktisi. Kegiatan mengusung tema “Pengembangan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif pada Kurikulum Merdeka”.

Kegiatan ini merupakan forum ilmiah sebagai ajang bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, inovasi penelitian dan gagasan yang berkaitan dengan penyiapan guru profesional di Era Merdeka belajar.

Narasumber menyajikan informasi terkait pemahaman tentang elemen pembelajaran, capaian pembelajaran dan menurunkannya menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta merancang perencanaan pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Narasumber kuliah Bersama praktisi 2023 dibersamai dosen PGSD UST Murniningsih, S.Pd.Si., M. Pd dan juga praktisi Nur Taufik, S.Pd.., M. Pd. yang merupakan guru SD Negeri Tirtioadi Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam melaksanakan tugas sebagai guru praktisi tersebut juga mendapat tugas tambahan sebagai tim pengembangan kurikulum di sekolahnya juga.

Era disrupsi terjadi juga dalam dunia pendidikan. Di dalamnya termasuk dalam perencanaan pembelajaran dan penilaia. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang positif untuk mendekatkan mahasiswa dengan praktisi. Harapanya mereka mampu menyerap perubahan-perubahan yang ada di lapangan.

Di era merdeka belajar penguasaan guru dalam merancang pembelajaran serta penilaian secara efektif sangat dibutuhkan. Salah satu indikator suksesnya pembelajaran adalah perencanaan pembelajaran yang baik. Dengan dikuasaianya perencanaan pembelajaran dan penilaian sejak dini oleh mahasiswa akan membantu mereka lebih mantap saat terjun di lapangan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar