Oleh: Siti Munadah

Guru MI Ma’arif Pagergunung

Ketika kita mendengar kata museum, maka yang terbesit di benak kita ialah sesuatu yang kuno, tua dan usang, bahkan jauh dari kata menarik. Baik orang dewasa maupun anak-anak enggan berkunjung ke museum, karena dianggap tidak ada gunanya. Biasanya beberapa siswa ataupun mahasiswa berkunjung ke suatu museum, hanyalah karena tugas dari sekolah atau hanya sebagai pelengkap paket wisata di dalam kegiatan wisata.

Memang saat ini masih ada kelompok atau komunitas anak muda yang gemar berkunjung ke beberapa museum, namun sedikit jumlahnya, dengan demikian belum tentu di setiap kota ada komunitas atau kelompok semacam itu.

Sebagian masyarakat yang belum mengetahui manfaat berkunjung ke museum, tentunya sangatlah enggan mengunjunginya, akan tetapi jika mengetahui manfaatnya pasti tidak enggan lagi untuk berkunjung ke sana. Seperti yang dilakukan oleh Guru dan siswa kelas IV dan V MI Ma’arif Pagergunung Ngablak, kabupaten Magelang pada hari selasa, 20 Juni 2023 yang melakukan kunjungan ke Meseum-Museum yang ada di Magelang yaitu Museum BPK RI, Museum Dipenogero, dan Museum AKMIL atau Museum Abdul Djalil,tujuan kami berkunjung ke sana yaitu untuk mengenalkan kepada para siswa tentang peninggala-peninggalan di masa lalu yang diabadikan di ketiga Museum tersebut, serta mereka menyadari bahwa di Magelang mempunyai tempat wisata yang mengedukasi, yang tentunya akan mampu menjadikan mereka generasi penerus bangsa yang sangat cinta tanah air Indonesia.

 

Sebenarnya apa sih manfaat atau keuntungan jika kita berkunjung ke museum? Nah, pada tulisan kali ini akan kami bahas manfaat berkunjung ke museum. Adapun manfaatnya yaitu: Dengan kita berkunjung ke museum, maka akan memperoleh banyak manfaat, di antaranya:

1.Menambah pengetahuan dan informasi

Dengan berkunjung ke museum, tentunya seseorang akan memperoleh pengetahuan atau informasi baru, sehingga nantinya mampu menceritakan dengan orang lain tentang museum tersebut.

2. Sebagai referensi visual

Di sekolah, siswa hanya mengetahui tentang benda-benda yang ada di dalam museum secara teoritis saja, misalnya Ketika di sekolah, siswa belajar mengenai seni rupa berupa patung, gambar, dan lukisan. Dengan berkunjung ke museum, maka mereka akan melihat langsung benda-benda tersebut secara nyata.

3.Mendapat sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas

Berbagi peristiwa di dunia yang terjadi pada masa lampau kadang membuat kita bingung, akan tetapi Museum biasanya memiliki grafik, angka, atau bentuk penyajian lainnya untuk menggambarkan suatu peristiwa atau sejarah dalam perspektif waktu. Sehingga mempermudah pemahaman kita tentang sejarah.

4. Memberikan nuansa berbeda

Kehidupan kita saat ini sangatlah jauh berbeda dengan kehidupan di masa lalu. Ketika kita di sekolah  mempelajari sejarah, mungkin sulit bagi kita memahami kondisi kehidupan pada masa lalu. Dengan mengunjungi museum dapat membantu kita memahami dan turut merasakan nuansa kehidupan pada zaman dahulu, contohnya melihat fosil dinosurus yang ternyata sangat besar, mata uang zaman dahulu, model pakaian zaman dahulu, cara mencari makanan dan memasak pada zaman neolitikum, dan lain sebagainya.

5. Menumbuhkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi

Beragam benda atau hal yang dilihat kita di museum akan memancing rasa ingin tahu kita, khususnya usia anak-anak untuk mengetahui lebih dalam lagi.bahkan memancing mereka untuk mengembangkan imajinasi tentang hal-hal tersebut. Contohnya ketika siswa usia MI/SD mengunjungi museum Akademi Militer dan mereka melihat banyak senjata yang digunakan oleh para Taruna dan Tentara Indonesia pada zaman dahulu, maka mereka akan bertanya terhadap guru yang mendampinginya, itu senjata jenis apa dan dulu digunakan oleh siapa? Ataupun dengan pertanyaan yang lain.

6. Interaksi dengan banyak dan beragam orang

Kegiatan semacam ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengajarkan, anak-anak cara bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang yang beragam. Di sana anak-anak akan bertemu dengan orang-orang yang datang dari daerah lain, dengan demikian mereka akan berinteraksi dengan orang-orang tersebut.

7. Membantu menemukan minat anak

Dengan berkunjung dari satu museum ke museum yang lain akan membantu anak menemukan apa sebenarnya yang mereka minati. Sehingga, bisa dibantu untuk fokus mengejar apa yang menjadi minat mereka.

8. Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

Berkunjung ke suatu museum mampu meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan karena melihat secara nyata bukti perjuangan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Hal ini tentu sangat penting sehingga generasi muda akan selalu mengingat sejarah dan memiliki rasa cinta yang besar pada bangsanya.

Dari pemaparan tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahkwa mengunjungi museum merupakan suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, khususnya bagi para pelajar, terutama anak-anak usia MI/SD karena manfaat itu bukan hanya berguna untuk masa kini, namun juga untuk masa depan yang ada kaitannya dengan pendidikan, cita-cita, wawasan, dan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang besar bagi anak-anak yang berkunjung ke suatu Museum.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar