Temanggung, TABAYUNA.com
- Dalam rangka penyetaraan kompotensi mahasiswa baru dan mengintegrasikannya dengan profil lulusan, capaian pembelajaran, dan capaian pembelajaran mata kuliah, Prodi S2 Hukum Keluarga Islam (HKI) FSHEI Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung menggelar matrikulasi bagi mahasiswa baru.

Hal itu terungkap pada kegiatan matrikulasi pada Sabtu (16/9/2023) di gedung Pascasarjana INISNU yang diikuti 22 mahasiswa baru Prodi S2 HKI.

Pada sesi pertama diisi oleh Rektor dan para Wakil Rektor. Dalam penyampaian materinya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Hamidulloh Ibda mengatakan bahwa capaian pembelajaran untuk jenjang S2 itu minimal level 7 sampai 8 KKNI. "Kalau S1 itu level 6, kalau S2 ya level 7-8 dan S3 paling tinggi adalah level 9. Maka mahasiswa S2 selain menyelesaikan mata kuliah harus melaksanakan publikasi ilmiah hasil tesis. Kalau kita di S1 sejak 2021 sudah ada tugas akhir nonskripsi. Untuk S2 nanti kami dan bisa diimplementasikan Prodi dan FSHEI untuk menerapkan RPL bagi mahasiswa yang bisa menulis artikel ilmiah yang terbit di jurnal terindeks Sinta 2 sebanyak dua artikel maka bisa bebas tanpa menulis tesis," beber Ibda.

Setelah penyampaian kebijakan dari Rektor dan Wakil Rektor, sesi berikutnya adalah Keprodian yang berisi kurikulum, mata kuliah dan perkuliahan yang diisi oleh Dekan FSHEI
Sumarjoko, S.HI, M.SI., dan Kaprodi S2 HKI Dr. KH..M. Syakur, M.H.

Materi Metodologi Penelitian untuk Riset Magister (Academic Writing I) berisi (1) pengenalan Jurnal Sinta dan Scopus, (2) teknik mencari jurnal, (3) teknik mencari artikel dan (4) teknik systematic literature review atau SLR oleh Dr. Husna Nashihin, M.Pd.I.

Untuk materi Academic Writing II berisi materi teknik publikasi ilmiah, penggunaan Manajemen Referensi  (Mendeley/Zotero, dll), pengenalan aplikasi Cek Similarity, dan teknik submit artikel di OJS jurnal juga diisi oleh Dr. Husna Nashihin.

Pada sesi akhir adalah teknik KRS dan KHS serta keuangan diisi oleh Riza Saifulloh, S.Kom., dan Siti Zulaichah, S.E. Perkuliahan mahasiswa baru Prodi S2 HKI akan dimulai pada Senin 18 September 2023 besok. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar