Oleh Fenika Pratiwi

Dilansir TRIBUN-MEDAN.com dalam kutipannya, Duta Besar Palestina Zuhair menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan Presiden Jokowi, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Dalam sambutannya, ia juga mengungkapkan bahwa masyarakat Palestina sangat memahami perjuangan diplomasi Menlu Retno terhadap Palestina. Zuhair bahkan menyebut Retno LP Marsudi sebagai saudara perempuan Palestina karena kesediaannya berjuang dalam kerangka diplomasi global untuk menjamin kemerdekaan Palestina. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa duta besar Palestina sebenarnya merespon dan senang karena Indonesia membantu Palestina dimana terjadi tragedi kemanusiaan, sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia  tentunya umat Islam mempunyai kewajiban untuk mendukung penuh bantuan Palestina karena tragedi tersebut merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak baik dan  juga perlu dihilangkan. Duta Besar Palestina juga menyampaikan “Indonesia selalu berada di belakang Palestina,” kata Zubair. Pernyataan ini menunjukkan bahwa Palestina dikeraskan dan di dukung selalu oleh Indonesia.

Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu pagi (11 April 2023). Dalam penyerahan bantuan tersebut,  Menteri, TNI, dan Kapolri mendampingi Presiden Joko Widodo, antara lain:  Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Komandan Polri Panglima Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Presiden Jokowi mengungkapkan, sebanyak 51,5 ton bantuan diangkut dengan 3 pesawat, meliputi makanan, alat kesehatan, selimut, tenda, dan logistik lainnya sesuai kebutuhan masyarakat Palestina. Hal ini tentu sudah menjadi pertimbangan Presiden Jokowi dalam kaitannya dengan kebutuhan masyarakat Palestina akan pangan, papan, sandang, dan  logistik lainnya yang tentunya bermanfaat bagi rakyat Palestina. Perlu diketahui, bantuan sebanyak 51,5 ton ini merupakan bantuan tahap pertama dan Presiden telah menyatakan bahwa bantuan untuk tahap selanjutnya sedang disiapkan.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan 51,5 ton bantuan  tidak hanya berasal dari pemerintah tetapi juga dari masyarakat dan dunia usaha yang disalurkan oleh lembaga kemanusiaan  Basnas, IHA, PMI, Kitabisa, pemerintah, TNI – Polri. Sebagian besar masyarakat Indonesia bergembira atas tragedi antara Palestina dan Israel. Banyak masyarakat Indonesia yang berjuang bahkan melakukan kekerasan demi melindungi dan mendukung Palestina. Penulis juga menemukan banyak  konten dan postingan berbahasa Indonesia di media sosial yang bertujuan untuk melindungi dan mendukung Palestina. Tak hanya masyarakat awam yang mendukung Palestina, bahkan para artis pun  mendukung Palestina dan mengunggah pesan-pesan yang mengungkapkan kepeduliannya terhadap Palestina. Mengingat betapa memprihatinkannya kehidupan mereka, bahkan anak-anak dan bayi pun tidak terluka atau bahkan  terbunuh dalam serangan tentara Israel. Sementara itu, di Instagram, Facebook, Twitter, dan situs lainnya, masyarakat Indonesia kembali mengunggah pesan-pesan mengenai kondisi rakyat Palestina yang menyatakan bahwa mereka benar-benar peduli terhadap rakyat Palestina. Semua itu dilakukan agar tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina bisa teratasi.

terselesaikan.

Presiden Jokowi menyatakan dan menegaskan kembali bahwa Indonesia akan terus berpartisipasi dalam perjuangan rakyat Palestina karena tragedi kemanusiaan di Gaza tidak dapat diterima dan harus segera diakhiri. Walaupun bantuan tidak bisa sampai ke Gaza , Presiden melakukan cara yaitu dengan mengirimkan bantuan tersebut melalui Mesir ke bandara El Arish Mesir,baru kemudian diangkut dan didistribusikan ke Gaza. Pada intinya ,ketika kita akan berbuat baik dan perbuatan tersebut sangat dibutuhkan oleh orang lain , maka Allah akan memudahkan perbuatan tersebut dengan jalan yang lainya.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar