Oleh : Dimas Khaerul U

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Seorang guru adalah seorang tenaga pendidik profesional, bertangung jawab mendidik, menyebarkan ilmu pengetahuan membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. guru adalah seseorang yang  mengabdikan dirinya untuk mengajar suatu mata pelajaran, mendidik, mengarahkan dan melatih siswanya untuk memahami mata pelajaran  yang diajarkannya. Dalam hal ini guru tidak hanya mengajar pendidikan formal tetapi juga mengajar jenis pendidikan lainnya dan dapat menjadi teladan bagi siswanya. Dari penjelasan tersebut kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses terciptanya suksesi yang berkualitas, baik secara intelektual maupun moral.

Guru bertanggung jawab terhadap peserta didik Mengacu pada pengertian guru di atas, maka pendidik atau pendidik mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk  mendidik, mendidik, dan melatih  peserta didik agar menjadi anak yang baik, pribadi yang mempunyai kualitas intelektual dan moral. Beberapa fungsi utama seorang guru adalah:

Mengajar siswa

 Guru bertugas menyampaikan ilmu  kepada siswa.  Dalam hal ini, tujuan utama kegiatan mengajar adalah membantu siswa memahami isi suatu mata pelajaran.

Mengajar siswa Mendidik siswa berbeda dengan mengajar.

 Dalam hal ini, kegiatan mendidik adalah bertujuan untuk mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik. Proses mendidik murid merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan ketimbang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Selain itu, seorang guru harus dapat menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya sehingga para murid dapat memiliki karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

Melatih Peserta Didik

Seorang guru juga memiliki tugas untuk melatih para muridnya agar memiliki keterampilan dan kecakapan dasar. Jika di sekolah negeri, guru melatih siswa pada keterampilan dan kemampuan dasar, maka di sekolah kejuruan  guru melatih keterampilan dan kemampuan tingkat lanjut.

Bimbingan dan pengarahan Siswa dapat mengalami kebingungan atau keraguan pada saat proses belajar mengajar. Guru mempunyai tanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan siswanya agar tetap  pada jalurnya, dalam hal ini menghormati tujuan pendidikan.

Hak Dan Tugas Guru

Guru memiliki tugas, peran, dan fungsi dalam pendidikan, baik yang terikat dengan dinas maupun diluar dinas, dalam bentuk pengabdian. Ada tiga jenis tugas guru, yakni tugas guru dalam bidang akademik, kemanusiaan, dan kemasyarakatan. Tugas guru dalam bidang akademik meliputi mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengundang peserta didik pada pendidikan formal.

Adapun hak seorang guru dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 hingga Pasal 44, meliputi :

Penghasilan dan jaminan kesejahteraan sosial yang pantas dan memadai, Penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja, Promosi dan penghargaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman, kemampuan, dan prestasi kerja dalam bidang pendidikan, pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas, Berhak mendapatkan sertifikasi pendidik, Perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas dan hak atas hasil kekayaan intelektual, Kesempatan untuk menggunakan sarana, prasarana, dan fasilitas pendidikan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.

Berikut hak-hak yang harus diterima guru dalam menjalankan tugas keprofesionalannya sebagai tenaga pendidik berdasarkan Pasal 14 ayat 1.

Memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial, Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja, Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual, Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, Memperoleh dan memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran untuk menunjang kelancaran tugas keprofesionalan, Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan ikut menentukan kelulusan, penghargaan, dan/atau sanksi kepada peserta didik Sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru, dan peraturan perundang- undangan, Memperoleh rasa aman dan jaminan keselamatan dalam melaksanakan tugas, Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi, Memiliki kesempatan untuk berperan dalam penentuan kebijakan pendidikan, Memperoleh kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi, Memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya.

 

Ada pu Tugas Guru sebagai berikut:

Mengajar

Deskripsi tentang guru dibagian awal awal artikel ini menyebutkan bahwa seorang guru adalah seseorang yang mengajarkan ilmu.  Seorang guru memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa-siswanya. Tujuan guru dalam hal ini adalah membuat para siswa mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu dan memiliki tingkat intelektual yang tinggi.

Mendidik

Guru merupakan seorang pendidik. Mendidik siswa merupakan hal yang berbeda dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Kegiatan mendidik siswa memiliki tujuan untuk mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik sehingga dapat menjadi anggota masyarakat yang baik pula. Dalam proses mendidik siswa, Guru Pintar akan memiliki tantangan yang berbeda jika dibandingkan dengan hanya mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Supaya sukses dalam mendidik siswa, Guru Pintar harus dapat menjadi teladan yang bagi siswa-siswanya sehingga mereka dapat memiliki karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.

Melatih keterampilan hidup

Tugas guru adalah melatih siswa memiliki kecakapan atau keterampilan hidup atau practical life. Guru harus melatih siswa untuk menguasai kecakapan atau keterampilan hidup abad 21 untuk menjadi bekal bagi siswa menaklukkan segala tantangan yang mereka hadapi di masa depan.

Memberikan bimbingan dan pengarahan

Pekerjaan guru tidak selesai dengan hanya mendidik dan mengajar saja. Tugas guru terhadap siswa lainnya adalah membimbing dan mengarahkan siswa supaya tetap pada jalur yang benar, terutama pada proses belajar mengajar. Siswa yang mengalami kebingungan atau kesulitan dalam proses belajar mengajar harus dibimbing dan dibantu mencari solusi. Guru dan siswa bersama-sama berusaha memecahkan masalah sehingga siswa tetap berada pada jalur yang tepat, dan dapat mencapai tujuan pendidikan.

Memberikan motivasi

Tanggung jawab seorang guru yang terakhir adalah untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa-siswanya agar selalu berusaha keras untuk lebih maju. Bentuk dorongan dan motivasi yang dapat Guru Pintar berikan kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya memberikan hadiah, memberikan pujian, dan penghargaan.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar