Oleh : Nurul Fadilah

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Parenting sangat diperlukan untuk orang tua apalagi seiring berkambangnya zaman. Saat ini pengasuhan pendidikan untuk anak sangat penting dan orang tua berperan penting terhadap tumbuh kembang anak. Jadi pengasuhan disini bagaimana orangtua harus menjelaskan kepada anak bagaimana anak bisa mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap semua hal yang dilakukan.keluarga harus selalu mendukung kegiatan yang dilakukan anak selagi itu merupak hal yang baik untuk dilakukan.

Menurut Jerome Kagan seorang psikologi perkembangan, yang mendefinisikan pengasuhan sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang
mencakup apa yang harus dilakukan oleh orangtua agar anak mampu bertanggung jawab dan memberikan konstribusi sebagai anggota masyarakat.

Parenting adalah proses mendidik dan merawat anak-anak untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan baik secara fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Ini adalah tugas penting dalam kehidupan orang tua yang melibatkan berbagai aspek, nilai, dan keterampilan. Berikut beberapa aspek penting tentang parenting:

Kasih Sayang dan Perhatian: Memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak adalah dasar dari parenting yang sehat. Anak-anak membutuhkan cinta dan perasaan aman dari orang tua mereka suapaya mereka merasa dipedulikan oleh orangtua.

Pendidikan dan Pengembangan: Orang tua bertanggung jawab untuk mendidik anak-anak mereka. Ini mencakup pendidikan formal, seperti sekolah, serta pengajaran nilai-nilai dan norma-norma sosial karena sekarang ini pendidikan moral ataupun sosial harus lebih ditegaskan. Orang tua juga memiliki peran penting dalam memotivasi anak-anak mereka untuk belajar dan mencapai kesuksesan akademis. Mereka dapat membantu anak-anak mengembangkan minat dalam pembelajaran, memberikan dukungan dalam tugas sekolah, dan mendorong pendidikan yang lebih tinggi.

Model Perilaku: Orang tua adalah model utama bagi anak-anak mereka. Anak-anak sering meniru perilaku dan nilai-nilai yang mereka lihat dalam keluarga mereka. Nilai-nilai dan norma yang diajarkan oleh orang tua berpengaruh besar pada perilaku anak-anak. Orang tua yang memberikan contoh perilaku etis dan moral yang baik cenderung memiliki anak-anak yang juga tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan beretika.

Disiplin: Disiplin adalah bagian penting dari parenting. Ini melibatkan menetapkan batasan, mengajarkan tanggung jawab, dan mengatasi perilaku yang tidak diinginkan. Supaya mereka terbiasa dengan perilaku disiplin saat terjun ke dunia sosial atapun di sekolah nantinya.

Komunikasi: Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak-anak sangat penting. Mendengarkan anak-anak dan memungkinkan mereka untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka adalah keterampilan penting. Karena banyaknya anak yang kurang terbuka dengan orang tua menyebabkan anak tidak bisa mengekspresikan dirinyanya. Sehingga anak dapat mendiskusikan dengan orang tua untuk memecahkan masalah yang sedang dialami.

Peran Ayah dan Ibu: Peran ayah dan ibu dalam parenting dapat berbeda-beda, dan penting untuk kolaborasi dalam mendidik anak-anak. Bukan hanya ibu, ayah juga harus ikut serta dalam pengasuhan anak agar ada keterbukaan dengan keduanya. Parenting yang positif dan penuh kasih sayang dapat membantu anak-anak mengembangkan kesejahteraan emosional yang kuat. Mereka akan belajar cara mengatasi stres, mengelola emosi, dan mengembangkan kepercayaan diri dengan baik.

Pendekatan yang Seimbang: Parenting yang sehat seringkali mencari keseimbangan antara memberikan kebebasan dan bertanggung jawab, antara mengajarkan aturan dan memungkinkan eksplorasi kreatif, serta antara memberikan dukungan dan membiarkan anak-anak mengatasi tantangan sendiri.

Parenting adalah tugas yang berkelanjutan dan kompleks yang memerlukan pemahaman, kesabaran, dan komitmen. Sudah seharusnya orang tua ikut terlibat dengan pendidikan anak terutama anak yang baru lahir yang masih ingin mnegeksplor banyak hal. Pola asuh juga memiliki pengaruh yang kuat pada masa depan anak. Cara orang tua mendidik dan merawat anak-anak dapat membentuk perilaku, kepribadian, dan kesuksesan mereka dalam hidup juga harus diperhatikan.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak unik, dan pengaruh parenting dapat bervariasi. Namun, peran orang tua dalam membentuk masa depan anak-anak mereka tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, menjalani peran parenting yang penuh kasih, bijaksana, dan mendukung adalah suatu hal yang penting untuk memberikan fondasi yang kokoh bagi masa depan anak-anak.

Orang tua adalah titik awal dari masa depan anak, Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan tumbuh kembang anak. Pola pengasuhan positif terhadap anak memerlukan peran orangtua. Memenuhi kebutuhan anak akan makanan yang bergizi dan sehat, menanamkan nilai agama dan moral dalam kehidupan juga menjadi peran orangtua.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar