Oleh Noviana Widyastuti

Institut Islam Nadhatul Ulama (INISNU) Temanggung

Pergaulan remaja saat ini sudah sangat memprihatinkan, terlebih dengan gaya hidup mereka yang mulai kebarat-baratan dan hidup bebas membuat pergaulan remaja saat ini sangat perlu di perbaiki. Perbaikan pergaulan ini dapat dimulai dengan apa saja misalnya dengan memberikan kegiatan positif, Memberikan motivasi atau bahkan pendampingan dalam memberikan mereka ruang untuk berdiskusi dengan orang tua mereka. Kegiatan positif ini dapat dari mana saja mungkin dari lingkungan sekolah ataupun dari lingkungan tempat tinggal.

Dalam hal ini kegiatan positif juga bisa dari organisasi, Organisasi IPNU atau IPPNU juga membantu memberikan kegiatan positif bagi mereka. Kegiatan yang bermacam-macam ,pengenalan pengetahuan seputar Ippnu & Ipnu juga akan membuat mereka memahami banyak pengetahuan seputar KeNu an.

IPNU sendiri merupakan singkatan dari  “Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama.” Ini adalah sebuah organisasi yang merupakan bagian dari Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia. IPNU adalah organisasi pelajar Islam yang didirikan untuk mengembangkan nilai-nilai agama, moral, dan pendidikan di kalangan pelajar. Organisasi ini memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia dan berperan penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan para pelajar, serta dalam mempromosikan nilai-nilai Islam yang moderat dan toleran. Salah satu fokus utama IPNU adalah pendidikan, termasuk pembinaan keagamaan, sosial, dan kepemimpinan di kalangan pelajar.

Sedangkan IPPNU adalah singkatan dari “Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama.” Organisasi ini adalah versi perempuan dari IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan merupakan bagian dari Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia. IPPNU didirikan untuk membina, mendidik, dan mengembangkan perempuan muda dalam hal nilai-nilai agama, moral, dan kepemimpinan. Seperti IPNU, IPPNU juga memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia dan berfokus pada pendidikan, pembinaan agama, pengembangan karakter, serta keterlibatan sosial perempuan pelajar dalam masyarakat. Organisasi ini bertujuan untuk membentuk generasi perempuan yang berkomitmen pada nilai-nilai Islam dan mengambil peran aktif dalam memajukan masyarakat.

Kegiatan ini tentu membantu orang tua atau pun guru dalam membentuk karakter yang aktif dalam kegiatan positif pada remaja. Dalam organisasi ini berisi remaja-remaja sehingga mereka akan gampang bertukar pikiran atau gagasan dengan forum yang sangat bersahabat dan dengan bahasa sebaya mereka sehingga mereka merasa nyaman untuk mengutarakan ide mereka. Banyak di era sekarang ini remaja-remaja yang terjerumus dalam dunia hitam seperti minum-minuman keras, balap liar atau kenakalan remaja lain bahkan yang lebih parah dari beberapa mereka kasus pembuangan bayi diluar nikah kebanyakan tersangkanya adalah usia remaja dimana seharusnya mereka belajar atau berkumpul , berkegiatan positif tetapi kebanyakan dari mereka juga harus berurusan dengan hukum. Kegiatan apa saja yang didapat kan di IPNU atau IPPNU ini tentu dapat menambah motivasi baik atau dapat memelihara pergaulan mereka.

Kegiatan remaja dengan IPNU dan IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) dapat beragam tergantung pada wilayah dan cabangnya. Namun, beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan oleh remaja yang tergabung dalam organisasi ini meliputi:

Pembinaan Keimanan dan KetakwaanrRemaja IPNU dan IPPNU seringkali melakukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, seperti pengajian, kajian agama, dan doa bersama.Pendidikan dan Pelatihan Organisasi ini juga sering mengadakan pelatihan dan lokakarya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, kewirausahaan, dan kepemimpinan.Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan remaja IPNU dan IPPNU dapat terlibat dalam kegiatan sosial seperti bakti sosial, penggalangan dana untuk keperluan kemanusiaan, atau bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan Kepemudaan organisasi ini juga mendorong remaja untuk mengembangkan kepemimpinan dan aktif dalam kegiatan-kegiatan kepemudaan seperti pengurus organisasi, pertemuan, dan seminar.Kegiatan Seni dan Budaya beberapa cabang IPNU dan IPPNU juga memiliki kegiatan seni dan budaya, seperti seni tari, musik, atau pameran seni.IPNU dan IPPNU memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Setiap cabang dapat memiliki kebijakan dan kegiatan yang sedikit berbeda tergantung pada kebutuhan dan lingkungan lokal.

IPPNU khususnya berfokus pada pemberdayaan perempuan muda, memberikan mereka kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam masyarakat dan memajukan peran perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan utama dari IPNU dan IPPNU adalah membentuk karakter pelajar yang baik, mendidik mereka dalam agama, serta memberikan pendidikan dan pelatihan yang berguna dalam berbagai aspek kehidupan.

Di dalam Lingkungan lain juga kegiatanya seperti Anjangsana dalam menggelar yasinan, Anjangsana pengajian secara rutin, bersih-bersih masjid atau  tidak sedikit dari lingkungan lain mengadakan ziarah atau wisata bersama. Tidak ada bedanya dengan kegiatan kegiatan remaja lain di luar IPNU/IPPNU. Tentu orang tua tidak terlalu khawatir dengan anak- anak mereka jika kegiatan mereka meliputi kegiatan yang positif dan bermanfaat. Selain itu pembentukan karakter remaja juga berpengaruh bagi masa depan mereka. Mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU juga memiliki banyak manfaat seperti Peningkatan ketakwaan pada remaja, Membangun Karakter remaja, Membentuk jiwa kepemimpinan yang tinggi, Berjiwa sosial atau bahkan relasi yang baik.

Namun perlu diingat, pemeliharaan lingkungan Remaja ini juga didasari pemahaman terhadap anak sendiri apalagi bagi orang tua yang mungkin kurang terbuka dengan anak atau bahkan sebaliknya. Tidak adanya pemaksaan terhadap kemauan anak juga di poin penting. Fase remaja adalah fase yang unik dimana mereka ingin tahu banyak hal dan tahu banyak hal yang bukan ranah mereka untuk itu pemeliharaan Kualitas lingkungan juga dapat diawali dengan keterbukaan keluarga atau penciptaan lingkungan rumah yang damai, Mendidik dan Saling menghormati satu sama lain. Jadi, pemilihan lingkungan yang baik juga diciptakan dari lingkungan sekitar dan untuk lingkungan sekitar.Ada beberapa alasan mengapa remaja seharusnya mempertimbangkan untuk bergabung dengan organisasi IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama)

Pembinaan Karakter Organisasi ini memiliki program pembinaan karakter yang dapat membantu remaja mengembangkan nilai-nilai positif seperti kepemimpinan, solidaritas, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap sesama. Peningkatan Pendidikan IPNU dan IPPNU sering kali mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan, yang dapat membantu remaja meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, baik dalam aspek agama maupun non-agama. Jaringan Sosial bergabung dengan organisasi ini memungkinkan remaja untuk membangun jaringan sosial yang luas dengan rekan-rekan sebaya yang memiliki nilai-nilai yang sama. Ini dapat membantu mereka dalam membangun hubungan yang positif dan berpotensi untuk masa depan.Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan IPNU dan IPPNU juga terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan yang dapat membantu remaja memahami dan merasakan pentingnya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.Peningkatan Pemahaman Agama bagi mereka yang ingin mendalami pemahaman agama Islam, organisasi ini memberikan platform untuk belajar dan berdiskusi tentang agama dengan lebih mendalam.Keterlibatan dalam Komunitas bergabung dengan IPNU dan IPPNU memberikan remaja kesempatan untuk terlibat dalam komunitas dan berkontribusi pada perkembangan masyarakat dan agama.Pengalaman Kepemimpinan organisasi ini sering menawarkan kesempatan kepemimpinan kepada anggotanya, yang dapat membantu remaja mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang berharga.

Perlu diingat bahwa bergabung dengan organisasi ini adalah pilihan pribadi, dan remaja perlu memastikan bahwa itu sesuai dengan nilai-nilai dan minat mereka. Selain itu, keterlibatan dalam organisasi harus sejalan dengan komitmen terhadap pendidikan dan tanggung jawab sehari-hari mereka.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar