Oleh Hestiana Falikhatur Rohmah

Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU Temanggung     

Mengelola stres adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita semua mengalami stres dalam berbagai tingkat, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Maka dari itu setiap individu pasti mengalami rasa stress dengan cara yang berbeda-beda antara satu individu dengan yang lainnya. Terlalu banyak stres dapat mengakibatkan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Mengelola stress dalam kehidupan merupakan keterampilan yang sangat penting guna kesejahteraan mental dan fisik. Dimana rasa stress itu disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya.  Tentunya kita juga harus mengenali pemicu stress dalam hidup kita. Apakah itu pekerjaan, hubungan, masalah keuangan, atau faktor yang lainnya? Memahami apa yang membuat kita stress adalah langkah pertama mengetahui penyebab kita stress.

Apa itu Stress?

Kita semua saat ini hidup di tengah dunia yang rentan menimbulkan stres. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak pun mengalami hal yang sama. Maka kita harus tau terlebih dulu apa itu stress?

Stress ialah perasaan yang umumnya dapat kita rasakan disaat terletak di bawah tekanan, merasa kewalahan, maupun kesulitan hadapi suatu atmosfer. Badan merespons tekanan pikiran lewat serangkaian respon raga serta biologis yang dirancang buat menolong seorang ketika mengalami tantangan ataupun ancaman yang bisa jadi mereka natural. Reaksi tekanan pikiran ini terjalin selaku bagian dari sistem respons" fight or flight"(lawan ataupun lari). Tekanan pikiran dalam batas tertentu bisa berdampak positif dan memotivasi kita untuk mencapai suatu tujuan, semacam mengerjakan uji maupun berpidato. Namun, tekanan batin yang kelewatan, terlebih apabila terasa sulit dikendalikan, dapat berdampak negatif terhadap suasana hati, kesehatan raga dan mental, dan jalinan kita dengan orang lain. Stress itu sendiri dipecah jadi 2 tipe ialah tekanan pikiran positif serta negativ, serta pastinya terdapat perbebadaan antara keduanya.

Perbandingan antara tekanan pikiran positif (eustress) serta tekanan pikiran negative(distress) terletak pada pengalaman serta akibatnya terhadap orang. Walaupun keduanya merupakan wujud tekanan pikiran, mereka mempunyai ciri yang berbeda. Stress positif merupakan wujud tekanan pikiran yang mempunyai akibat positif pada orang. Ini kerapkali timbul selaku respons terhadap tantangan ataupun suasana yang dikira positif ataupun menguntungkan. Eustress bisa membagikan dorongan motivasi serta tenaga yang menolong orang menanggulangi tantangan, mencapai tujuan, ataupun merasakan pencapaian.

Stress negativ merupakan wujud tekanan pikiran yang mempunyai akibat negatif pada orang. Ini timbul selaku respons terhadap suasana yang dikira mengecam, menyakitkan, ataupun tidak di idamkan. Distress bisa menimbulkan tekanan, kecemasan, ketidaknyamanan, serta ketidakbahagiaan. Ini bisa mempengaruhi kesehatan raga serta mental seorang.

Faktor penyebab Stress

Kala kita stress pastinya terdapat sumber ataupun aspek yang pengaruhi dari stress itu sendiri. Terdapat banyak aspek yang bisa merangsang tekanan pikiran, serta faktor- faktor ini bisa berbeda antara orang dengan yang yang lain. Apa yang dikira selaku faktor tekanan pikiran oleh satu orang bisa jadi tidak mempengaruhi orang lain dengan metode yang sama, antara lain: Masalah Keuangan: seperti pengeluaran yang melebihi pendapatan, atau ketidakpastian finansial, Pekerjaan: dari beban kerja yang berlebihan, konflik dengan rekan kerja atau atasan, tekanan untuk memenuhi tenggat waktu, atau ketidakpuasan kerja, Peristiwa Hidup Besar:  seperti pernikahan, perceraian, kelahiran anak, kematian anggota keluarga, atau pindah rumah, Kesehatan: Masalah kesehatan fisik atau mental, baik sendiri maupun anggota keluarga, Pendidikan: Tantangan akademik, ujian, atau tekanan dari sekolah atau universitas, Masalah Lingkungan: seperti Polusi, bencana alam, gangguan lingkungan, atau situasi keamanan yang tidak stabil Konflik Interpersonal: Konflik dalam hubungan dengan pasangan, teman, keluarga, atau rekan kerja.

Berarti buat diingat kalau tekanan pikiran merupakan respons subjektif terhadap suasana ataupun peristiwa tertentu, serta apa yang merangsang tekanan pikiran untuk satu orang bisa jadi tidak mempengaruhi orang lain dengan metode yang sama. Mengenali faktor tekanan pikiran individu kita merupakan langkah awal dalam mengelola tekanan pikiran dengan lebih efektif

Stress yang kelewatan maupun kronis dapat memiliki akibat negatif yang signifikan pada kesehatan raga seseorang. Akibat stress pada kesehatan raga ini menggarisbawahi berartinya mengelola stress dengan baik buat menjauhi kasus kesehatan yang lebih sungguh- sangat. Strategi semacam meditasi, olahraga, tata cara pernapasan, tidur yang cukup, dan sokongan sosial dapat membantu mengurangi tekanan benak dan melindungi kesehatan raga yang baik. Apabila kita hadapi tekanan benak yang kelewatan dan merasa jika ini pengaruhi kesehatan kuta, berkonsultasilah dengan profesional kesehatan maupun ahli kesehatan mental buat mendapatkan dorongan dan anjuran yang cocok. Stress yang tidak dikelola dengan baik dapat memiliki akibat sungguh- sangat pada kesehatan mental seseorang. Berarti buat mengenali isyarat stress yang berdampak pada kesehatan mental. Strategi manajemen stress, semacam penyembuhan kognitif perilaku, meditasi, olahraga, dan sokongan sosial, dapat membantu mengatasi tekanan benak dan melindungi kesehatan mental kita. Apabila kita maupun seseorang yang kita ketahui hadapi kasus kesehatan mental yang sungguh- sangat sebagai akibat dari tekanan benak, lekas konsultasikan dengan seorang profesional kesehatan mental buat evaluasi dan perawatan yang cocok.

Mengidentifikasi, mengurangi, dan mengatasi stress ialah langkah- langkah berarti dalam melindungi kesehatan raga dan mental. Masing- masing orang berbeda, dan tidak ada pemecahan tunggal yang cocok buat semua orang. Yang berarti ialah menghasilkan strategi yang sesuai buat kita dan berkomitmen buat melindungi keseimbangan antara kehidupan masing- masing hari kita. Apabila tekanan benak bersinambung dan kita merasa kesulitan mengatasinya sendiri, konsultasikan dengan profesional kesehatan maupun konselor yang dapat memberikan bimbingan lebih lanjut.

Strategi mengelola Stress dan mengelola waktu

Ada bermacam strategi khusus yang bisa menolong kita dalam mengelola stress. Dengan mencampurkan bermacam metode serta aplikasi ini, kita bisa menghasilkan rencana yang efisien buat menanggulangi tekanan pikiran serta tingkatkan kesejahteraan semacam: Metode Relaksasi, Relaksasi Progresif Otot, Pengobatan Refleksi, Pengobatan Panas serta Dingin, Meditasi, Berolahraga: Aerobik, Yoga, Nutrisi yang Menunjang Kesejahteraan, Santapan Sehat, Tidur yang Lumayan, Menyusun Prioritas serta Mengelola Waktu, Konseling ataupun Pengobatan, serta masih banyak lagi.

Mengelola waktu dengan bijak merupakan keahlian berarti buat menghindari penimbunan tugas serta tekanan pikiran berlebih. Terdapat sebagian panduan yang bisa menolong kita buat mengendalikan waktu kita dengan lebih efektif, antara lain: membuat catatan tugas, membuat agenda, rehat secara tertib, penilaian diri serta belajar dari kesalahan.

Mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental adalah langkah yang penting jika kita merasa kesulitan mengatasi stres, masalah kesehatan mental, atau perasaan berlebihan. Ada beberapa langkah yang dapat membantu kita dalam mencari dukungan. Pertama, dukungan dari keluarga: Cobalah untuk berbicara secara terbuka dan jujur kepada teman atau anggota keluarga yang bisa kita percayai. Ungkapkan apa yang kita rasakan dan mengapa kita merasa stres atau terganggu. Beri tahu teman atau keluarga bagaimana mereka bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah kita. Misalnya, kita bisa meminta mereka untuk sekadar mendengarkan atau berbicara tentang masalah kita

Kedua dukungan dari profesional kesehatan mental: Jika kita merasa stres atau mengalami masalah kesehatan mental, pertama-tama berkonsultasi dengan dokter umum. Mereka dapat memberikan panduan awal dan merujuk kita ke spesialis jika diperlukan. Jika kita merasa perlu dukungan lebih lanjut, pertimbangkan untuk mencari terapis atau konselor. Mereka dapat memberikan layanan konseling yang profesional dan dapat membantu kita dalam mengatasi masalah kesehatan mental.

Mencari dukungan adalah tindakan yang kuat dan bijak. Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan dari orang lain, terutama jika itu dapat membantu kita mengatasi stres atau masalah kesehatan mental kita. Dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental dapat membuat perbedaan besar dalam kesejahteraan kita.

Mengelola stres adalah kunci untuk kesejahteraan jangka panjang. Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat memiliki dampak negatif yang berkelanjutan pada kesehatan fisik dan mental kita. Mengembangkan keterampilan manajemen stres dan mencari dukungan jika diperlukan adalah langkah penting dalam menjaga kesejahteraan kita. Mengambil langkah-langkah untuk menjalani gaya hidup yang seimbang dan mengembangkan keterampilan mengatasi stres adalah tindakan penting untuk menjaga kesejahteraan agar mendorong kita ke arah yang positif.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar