Yogyakarta, TABAYUNA.com
- Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Koordinator Wilayah VIII Jateng-DIY kembali menggelar Webinar Nasional dengan Tema “Strategi Tembus Hibah PkM Litapdimas dan Pelatihan Menyusun Proposal PkM Litapdimas” dengan Narasumber Bapak Ma’as Shobirin, M.Pd., selaku dosen PGMI Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS) pada Sabtu 11 Mei 2024.

Webinar dibuka dengan sambutan dari Ketua PD-PGMI Koorinator Wilayah VIII Jateng-DIY yang diwakili oleh Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd., Ketua Divisi PkM. Pihaknya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari webinar yang sebelumnya pernah dilaksanakan oleh PD-PGMI Indonesia namun lebih bersifat teknis.

“Sebelumnya PD-PGMI Indonesia juga pernah mengusung tema webinar yang hampir sama, perbedaannya PD-PGMI Korwil mengemas secara teknis,” kata Dosen PGMI INSINU Temanggung tersebut. Kegiatan Webinar Nasional ini diharapkan dapat memberikan pemahaman baru bagi seluruh peserta berkaitan dengan strategi menyusun proposal PkM Litapdimas.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia yang diwakili Oleh Dr. Hartono, M.Pd (Dosen PGMI UIN Khas Jember) mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PD-PGMI Koorinator Wilayah VIII Jateng-DIY dan produktivitas setiap divisi yang dibuktikan melalui beberapa kegiatan.

Pihaknya berharap, PD-PGMI Korwil juga dapat memfasilitasi bagi seluruh dosen PGMI untuk mempresentasikan hasil proposal yang telah disusun agar mendapatkan masukan. Beliau juga memberikan penguatan bahwa “yang terpenting dalam PkM Litapdimas adalah luaran dan berkelanjutan”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring pada pukul 09.30-12.00 WIB tersebut dilanjutkan dengan penyampaikan pemaparan materi dari Bapak Ma’as Shobirin. Beliau menjelaskan strategi awal dalam menyusun proposal PkM Litapdimas, (1) tentukan peminatan, kompetensi, , jejaring (mitra pengabdian); (2) penuhi syarat dan ketentutan dasar (adminitrasi, toefl, LoA); (3) pelajari program prioritas kemenag (moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, chyber university, indeks religiusitas dan kerukunan umat beragama) ; (4) cari mitra yang dapat menutupi kekurangan kita dalam penyusunan proposal dan luaran; (5) jangan memaksakan untuk mencari kluster dana besar; (6) pastikan partner PkM tidak memiliki rekam jejak buruk; (7) pastikan tagihan sebelumnya sudah terpenuhi; (8) upayakan tidak mengajukan 1 kluster dengan teman 1 instansi; (9) cari isu, problem kemanag yang hippening sesuai kebutuhan mitra PkM.

“Kriteria penilaian dalam PkM Litapdimas terdiri dari keaslian, kebaruan, kemanfaatan, metodologi penelitian dan prosedur dan proses seleksi” Tambahnya.

“Perjalanan akademik harus diniati untuk membesarkan almamter tercinta, bukan untuk kepuasan semata. Bekal pengalaman akademik Anda juga akan menjadi kado terbaik untuk keluarga, mahasiswa dan orang terkasih. Semua akan ada momentum spesial manakala ada upaya, keberanian untuk mencoba, dan melakukan investasi kebaikan” Beberapa motivasi disampaikan oleh pemateri.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua PD PGMI Korwil VIII Jawa Tengah dan DIY Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd., dan pengurus lainnya, Pengurus PD-PGMI Indonesia dan 100 lebih peserta dari unsur dosen dan mahasiswa PGMI di Indonesia. (*)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar