Purwokerto, TABAYUNA.com - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, memberi kesempatan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi sarjana di kampus tersebut. UNU Purwokerto merupakan salah satu perguruan tinggi Islam di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).

Di Jawa Tengah sendiri, selain UNUGHA Cilacap, UMNU Kebumen, UNU Surakarta, Unwahas Semarang, UNISNU Jepara, juga telah resmi dilaunching yaitu UNU Purwokerto.

Seperti diketahui, 30 November 2016 dan mendapat izin oprasional dari Kemenristektdikti No.494/KPT/I/2016. Tahun ini, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018.

Bagi calon mahasiswa dengan latar belakang belakang kesulitan ekonomi akan mendapat keringanan. Seperti yang dinukil oleh redaksi Tabayuna.com, dari situs resmi UNU Purwokerto, Senin (24/7/2017) Ketua Tim Pendiri UNU Purwokerto, Prof Dr Ir. Akhmad Sodiq, mengemukakan, pihaknya memberikan kemudahan bagi mahasiswa kurang mampu berupa bebas biaya registrasi dan pembangunan, biaya pendidikan SPP disesuaikan kemampuan, disediakan beasiswa dan pengurangan atau pembebasan SPP. Serta mengupayakan asrama atau pondokan dengan biaya terjangkau

"Calon mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi untuk melanjutkan kuliah, akan kami bantu seminimal mungkin untuk SPP. Untuk biaya hidup makan dan pondokan sekitar Rp.300.000 per bulan," papar dia.

Akhmad Sodiq yang juga seorang dekan Fakultas Peternakan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu menambahkan, tenaga pengajar yang dimiliki UNU Purwokerto merupakan akademisi lulusan luar dan dalam negeri yang telah memiliki pengalaman di sejumlah universitas, termasuk salah satunya Unsoed Purwokerto.

"Ada 40 tenaga pengajar berkualitas, 16 diantaranya bergelar profesor, dan sisanya sebagian besar lulusan S-3," lanjutnya.

Program studi yang dibuka untuk eksakta yakni agroteknologi, teknologi pangan, teknik pertanian dan biosistem, peternakan, ilmu perikanan, biologi dan matematika. Sedang untuk program studi sosial humaniora terdiri  manajemen, akutansi, administrasi publik, hukum, hukum syariah, dan pendidikan bahasa Inggris.

Akhmad Sodiq menambahkan, visi yang dicanangkan UNU Purwokerto adalah menjadi universitas yang unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) dan pengembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai keislaman, kearifan lokal dan berwawasan global.

Sedang misinya, menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumberdaya manusia bermoral yang memiliki nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal, kompetensi akademik berwawasan global, kemampuan kepemimpinan, kewirausahaan, kemampuan memecahkan masalah untuk pembangunan masyarakat Indonesia.

Untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru bisa langsung datang ke kampus I UNU Purwokerto Jln. Sultan Agung 42 Karangklesem Purwokerto, atau selatan atau secara online melalui website www.unupurwokerto.ac.id. dan bisa juga juga menghubungi nomor 081332755248 (HP),  081225651308 (WA) dan 081210084666 (HP/WA).

Seperti di ketahui, selain kampus-kampus di atas, saat ini juga ada universitas di bawah naungan NU yang masih persiapan. Seperti UNU Pekalongan, Unisnu Temanggung, STKIP Ma'arif NU Grobogan, STKIP Ma'arif NU Blora dan lainnya. (TB3).
Bagikan :

Tambahkan Komentar