Taman Makam Pahlawan Dharma Agung
Tabayuna.com - Daftar makam wali di Balikpapan yang wajib menjadi wisata religi ini harus dibaca banyak orang yang suka ziarah kubur. Sebab, dari pantauan Tabayuna.com, memang masyarakat Balikpapan harus terus-menerus menjaga tradisi kultural untuk selalu tahlilan dan ziarah kubur.


Balikpapan sebenarnya lokasinya tidak terlalu luas, karena hanya ada enam kecamatan. Sesuai dengan Perda Balikpapan No. 8 Thn. 2012, maka diresmikan kecamatan Balikpapan Kota dan menambah jumlah kecamatan menjadi 6 yakni Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, Balikpapan Utara, kemudian juga Balikpapan Barat dan juga kecamatan Balikpapan Kota.

Di antara itu, ada beberapa makam wali yang wajib diziarahi di bawah ini:
Mbah Syarifah Alias Mbah Pulau Tukung – Depan Pelabuhan Semayang
Habib Muhammad bin Ali bin Yahya - Kariangau
Habib Ghasim Bahasyim  - Kompleks Masjid At-Taqwa Balikpapan Kota
Adji Muhammad Sulaiman - Gn Kemendur – Kafe Puncak
Makam Keramat  -  di belakang shopping kebun sayur Balikpapan Barat
Beberapa wali di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan

Selama ini sudah banyak orang mencari tentang Habib Ghasim Bahasyimm, sejarah pulau tukung Balikpapan, tempat keramat di Kalimantan Timur, makam wali di Samarinda, hotel tirta balikpapan angker dan juga kisah jembatan Maryati Balikpapan yang dikenal angker. Namun, yang paling penting justru Anda harus tahu makam-makam wali di Balikpapan.

Bagi Anda yang suka jalan-jalan di wisata religi khususnya di Balikpapan, saat ziarah harus meluruskan niat bertawassul. Jangan sampai Anda meminta pada kuburan atau makam, karena yang bisa dimintai hanyalah Allah Swt. Mereka hanya para kekasih Allah yang hanya mengantarkan atau tawassul.


Jika masih ada makam-makam wali di Balikpapan, silakan langsung kirim ke email redaksitabayun@gmail.com untuk penyempurnaan. (TB44).
Bagikan :

Tambahkan Komentar