Wali Seseh Mengwi, Pangeran Mas Sepuh, Syeh Achmad Chamdun Choirussoleh. (Foto: sudutbiruu.blogspot.co.id).
Daftar makam wali di Bali yang menjadi wisata religi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak juga yang mengenal "Makam Wali Tujuh Bali" atau dalam Bahasa Jawa sering disebut dengan Makam Wali Pitu Bali yang menjadi destinasi wisata para wisatawan, traveler dari berbagai daerah.

Tidak heran, dari penelusuran riset sederhana Tabayuna.com, banyak sekali orang mencari informasi seputar rute ziarah wali 7 Bali, alamat wali 7 di Bali, tempat wali 7 di Bali, tempat-tempat makam wali di Bali, lalu wisata religi wali 7 Bali, ziarah makam di Bali dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Wali Di Aceh Yang Wajib Jadi Wisata Religi

Dari itu, berikut daftar wali 7 di Bali dan wali lainnya yang sebagian dilansir dari blog sudutbiru yang sering menjadi rujukan para peziarah dari berbagai kalangan:

1.Wali Negara & Datuk Lebai-Melayu, Habib Ali Bin Umar Bafaqih
KH. Habib Ali Bafaqih wafat pada tahun 1997 pada usia 107 tahun. Karena perjuangan dan kegigihanya untuk menyebarkan atau mensyiarkan agama Islam dan juga ketinggian ilmunya maka beliau dianggap sebagai salah satu “Wali Pitu” yang ada di Bali.

Baca yuk: Mertua Pangdam IV Diponegoro Kagumi Masjid Agung Demak Dan Makam Sunan Kalijaga

2.Wali Karangrupit, The Kwan Lie, Syech Abdul Qodir Muhammad
Makam yang terkenal dengan sebutan Keramat Karang Rupit ini milik seorang muslim asal Cina bernama asli The Kwan Pao-Lie, disingkat The Kwan Lie, yang bergelar Syekh Abdul Qadir Muhammad. 

3.Wali Bukit Bedugul, Syeh Habib Umar Bin Maulana Yusuf Al-Maghribi
Pada tahun 1963 M waktu Gunung Agung meletus yang mana mengeluarkan lahar panas menyemburkan batu-batu besar dan kecil serta abu ke atas menjulang tinggi di angkasa memporak-porandakan Bali hingga sampai ke wilayah Jawa Timur. Namun anehnya kuno milik Syeikh Maulana Yusuf Al Baghdi Al Maghribi tetap tak berubah walaupun hanya berasal dari tumpukan batu merah yang tidak diperkuat dengan adanya semen bahkan tidak ada sebutir pasir yang menyentuh makam tersebut.

4.Wali Kembar Karangasem, Habib Ali Bin Zaenal Abidin Al-Idrus dan Syeh Maulana Yusuf Al-Baghdi
Di dalam satu cungkup makam kembar tersebut terdapat makam tua/kuno berjajar dengan makam Ali bin Zainal Abidin al-Idrus. Menurut masyarakat, makam kuno inilah yang dikeramatkan sejak zaman dahulu. Makam ini diperkirakan berusia 350—400 tahun. Adapun mengenai nama, sejarah, dan dari mana asalnya, tidak satu pun yang tahu, bahkan juru kuncinya pun tidak tahu. Sebagian kalangan menyebutkna bahwa makam ini adalah makam dari Syekh Maulana Yusuf al-Baghdi al-Maghribi.

5.Wali Kusamba, Habib Ali bin Abu Bakar bin Umar Al-Khamid
Sewaktu hidupnya, Habib Ali bin Abu Bakar al-Hamid menjadi guru bahasa Melayu Raja Klungkung saat itu, Dalem I Dewa Agung Jambe. Waktu itu, beliau diberi seekor kuda untuk kendaraan pulang pergi antara Kusamba dan Klungkung.

6.Wali Seseh Mengwi, Pangeran Mas Sepuh, Syeh Achmad Chamdun Choirussoleh
Raden Amangkurat atau Raden Mas Sepuh/Pangeran Mas Sepuh dengan gelar Syeikh Achmad Chamdiun Choirussaleh putra Raja Mengwi ke VII Cokorda I, ibunya dari Blambangan wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Pangeran Mas Sepuh masa kecil dalam asuhan ibunya dalam lingkungan Islam. Setelah dewasa ingin berbakti pada ayahnya tapi untuk menjalankan niatnya banyak ujian tapi tetap diterima dengan sabar hati dan tidak mudah dendam selalu memaafkan pada orang-orang yang menghambat perjalanannya.

7.Makam Pangeran Sosrodiningrat, dan Makam Ratu Ayu Anak Agung Rai, Dewi Khodijah, Pemecutan
Makam keramat Pangeran Sosrodiningrat, menurut cerita versi ke-1 merupakan makam milik Pangeran Sosrodiningrat, suami Raden Ayu Siti Khotijah. Dia menikai Siti Khodijah karena telah berjasa membantu ayahandanya, Raja I Gusti Ngurah Gede Pamecutan, ketika berperang melawan Kerajaan Mengwi dan mendapat kemenangan. 

Selain ketujuh wali pitu itu, Bali juga punya daftar makam wali lain seperti:
8. Mbah Singaraja
Lokasinya makamnya di Singaraja, Bali

9. Pangeran Mas Sepuh (Raden Amangkuningrat)
Lokasinya di Keramat Pantai Seseh, Bali

10. Dewi Khodijah (Ratu Ayu Anak Agung Rai) 
Lokasinya di Keramat Pamecutan, Jalan Batu Karu Pamecutan, Bali

11. Pangeran Sosrodiningrat Senopati
Lokasinya di Ubung dekat terminal bus Denpasar, Bali

Baca juga: Cek Daftar Makam-makam Wali se Nusantara Raya

Bagi Anda yang suka ziarah, pastikan sebelum ziarah travel Anda jelas mau ke mana. Jika perlu, pastikan juga retu, alamat hote, kemudian objek wisata di Bali yang akan dituju di mana saja agar Anda dan bersama keluarga tidak kesasar. Oleh karena itu, pastikan semuanya aman agar tercipta kondisi nyaman saat Anda ziarah wali di Bali. (TB44).

Lihat video: Jejak Perjuangan Wali Menyebarkan Islam di Pulau Bali

Bagikan :

Tambahkan Komentar