Suasana diskusi dengan DPL bersama tim KKN STAINU Temanggung di Balai Desa Tawangsari, Tembarak
Temanggung, TABAYUNA.com - Dalam rangka merumuskan program kerja, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAINU Temanggung yang ditempatkan di Desa Tawangsari, Kecamatan Tembarak, Temanggung telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan perangkat desa dan sejumlah tokoh masyarakat.

Baca: KKN STAINU Temanggung Sasar Penguatan Kelembagaan dan SDM 
Baca: Penguatan SDM Kelembagaan Keagamaan Jadi Fokus KKN STAINU Temanggung 

Baca: Lewat FGD, KKN STAINU Temanggung di Tawangsari Rumuskan Program Unggulan

FGD itu sudah terlaksana pada Senin (26/3/2018) yang difollow up oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hamidulloh Ibda pada Kamis (28/3/2018) di balai desa setempat.

"Dari FGD itu kan banyak masalah. Maka nanti bisa diprioritaskan mana program yang sesuai visi KKN STAINU Temanggung kali ini. Karena tahun ini mengusung penguatan kelembagaan keagamaan dan sumber daya manusia," ujar Hamidulloh Ibda DPL KKN STAINU Temanggung di Balai Desa Tawangsari saat melakukan bimbingan lapangan.

Ia menjelaskan, program unggulan harus berbeda dari tahun-tahun lalu. Sebab, jika sama maka tidak ada akselerasi program yang benar-benar menyentuh akar masalah di masyarakat.

Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung ini juga menjelaskan, program KKN STAINU tidak sekadar partisipatif, melainkan harus inovatif. "Oleh karena itu, silakan buat program kerja sesuai temuan Anda di masyarakat saat FGD, diskusi, dan silaturahmi di rumah perangkat desa, kepala dusun dan tokoh masyarakat," lanjut dia.

Sementara itu, Almaksirun Koordinator Desa KKN STAINU Temanggung di Tawangsari juga menjelaskan, bahwa sudah banyak temuan masalah yang siap ditindaklanjuti oleh tim KKN. "Kami sudah mendapat banyak masalah, nanti kami petakan mana yang prioritas, dan mana yang tambahan," ujar dia.

Ia mengakui, banyak masalah yang perlu bantuan dan inisiatif mahasiswa KKN dalam membuat program ke depan. Maka dari itu, pihaknya telah merumuskan konsep program unggulan yang nanti akan diterapkan di lokasi KKN tersebut. (tb99/hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar