Temanggung, TABAYUNA.com -  Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) pada hari Minggu (4/3/2018) yang dihelat Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Temanggung Periode  tahun 2017 - 2022 menghasilkan sejumlah konsep dan gerakan baru.

Baca: Mahasiswi STAINU Temanggung Jadi Delegasi Munas dan Konbes NU di Lombok 

Litbang PC PSNU Pagar Nusa Temanggung, Eko Purwanto, S.Pd.I, kepada Tabayuna.com, mengatakan bahwa Muskercab ini merupakan salah satu permusyawaratan tertinggi PC PSNU Pagar Nusa yang dilaksanakan di Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah Desa Tuksongo Kecamatan Pringsurat Kabupatèn Temanggung. "Jumlah peserta Muskercab 57 orang,  yang terdiri atas Peserta penuh dan peserta peninjau," katanya, Minggu (4/3/2018).


Peserta penuh, kata dia, adalah Pengurus Cabang PSNU Pagar Nusa Temanggung. "Peserta peninjau adalah unsur pengurus suriyah dan unsur pengurus tanfidziyah PC  NU Temanggung dan Dewan Khos Pagar Nusa yang diundang resmi oleh Panitia, Dewan Khos PC Pagar Nusa, Utusan Padepokan Silat yang bergabung dalam wadah PSNU Pagar Nusa, seperti LGBR, Gasmi, Ababildan Cimande serta media massa," lanjut dia.



Tujuan kegiatan Muskercab PC PSNU Pagar Nusa ini ada beberapa hal. Pertama, mengevaluasi Pelaksanaan Program kerja PC PSNU NU, serta sebagai Laporan Berkala kepada  PC NU. Kedua, membahas dan Menetapkan Kerangka Kerja Bidang Strategis sesuai dengan perkembangan Pencak Silat NU di tengah masyarakat



"Ketiga, membahas dan Menetapkan Kerangka Kerja Penyelesaian masalah Organisasi dan keanggotaan," kata dia.



Rangkaian acara dimulai dari upacara pembukaan yang dihadiri oleh PC NU Temanggung, Dewan Khos dan  PC PSNU Pagar Nusa Temanggung, dilanjutkan Sidang Pleno yang dibagi menjadi 3 komisi.

Baca: Mengenal Muchammad Nabil Haroen, Ketua Pagar Nusa Periode 2017-2022 Asli Temanggung

"Komisi A dengan agenda pembahasan sidang bidang Advokasi dan hukum, bidang Komunikasi dan penguatan jaringan, serta bidang ketabiban.  Komisi B agenda Sidang Pengembangan seni bela diri, bidang wasit Juri, dan bidang  pasukan inti. Komisi C. Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bidang Pengembangan ekonomi kreatif, serta bidang pengembangan organisasi dan keanggotaan," lanjut dia.



Sementara itu, untuk beberapa hasil sidang Pleno Muskercab ini ada beberapa item. Pertama, Pengurus Cabang segera merumuskan Program kerja dan rencana strategis terkait dengan penguatan organisasi dan jaringan ke seluruh Anak Cabang (Kecamatan) se-Kab. Temanggung



Kedua, merekomendasikan kepada semua pangkalan dan Padepokan silat yg bergabung dalam wadah PSNU Pagar Nusa Temanggung nuntut melakukan updating data keanggotaan untuk selanjutnya dibuatkan KTA  sekaligus diagendakan untuk pelaksanaan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) pada tahun ini.



Ketiga, membentuk tim ekonomi kreatif untuk kelangsungan organisasi sebagai Badan Otonom NU yang mandiri, dan mampu menjawab berbagai tantangan kegiatan berbasis manajemen yang profesional.



Keempat, meningkatkan peran dan fungsi PSNU Pagar Nusa sebagai Benteng Ulama, Benteng Nusa Bangsa dan Agama  serta Olah Raga Prestasi untuk terjun di kancah Kejurkab, Kejurda dan Kejurnas,  serta even even POPDA, Kejurprov, PON dan lainnya.


Sebagai bagian akhir dari Muskercab dilanjutkan dengan sidang Paripurna untuk menetapkan hasil sidang Pleno oleh ketua PC PSNU Pagar Nusa beliau K. Dukut Sri Widayat, S.Pd.I.  dan dilanjutkan dengan upacara penutupan pada hari Minggu, 4 Maret 2018, sekitar pukul 15.00 Wib. (tb55/Khamim).
Bagikan :

Tambahkan Komentar