Judul: Fiqh Ramadan Fiqh Harmoni
Penulis: Umar Farouq Masruchin
Cetakan: I, Mei 2018
Tebal: viii+136 halaman; 1.45 x 20.5 cm
ISBN: 978-602-6733-44-3
Penerbit: Aswaja Pressindo

Buku ini merupakan kumpulan dialog tematik Fiqh Ramadan dan harmoni keagamaan. Ditulis oleh KH. Umar Farouq Masruchin, AH, S.Ikom., M.Pd yang merupakan dosen di Institut Pesantren Mathali'iul Falah (IPMAFA) Pati. Ia juga merupakan salah satu pengasuh Ma'had Jami'ah (pesantren mahasiswa) di kampus IPMAFA.

Selain di IPMAFA, penulis juga mengajar di Ma'had Aly Maslakul Huda fi Ushul Fiqh Kajen, Pati, Ma'had Aly NU Kajen, Pati di al Fiqh, lalu MA. Madarijul Huda Kembang, Dukuhseti. PP Roudltul Ulum Kajen Pati, dan Pesantren Maslakul Huda Putra Kajen.

Penulis lahir di Ngawi, Jawa Timur pada 15 September 1973. Ia menempuh pendidikan dasarnya di Rembang, dan di SD Nawawiyah pada pagi hari, Madin di sore hari, dan ngaji di pesantren pada malam hari. Ia merupakan alumni Perguruan Islam Mathaliul Falah Pati sampai jenjang MA. Lalu, kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka, dan lanjut S2 pada Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbimngan Konseling.

Penulis juga nyantri di PP Raudlatul Ulum Kajen, Pati, PP Al Anwar Sarang Rembang, PP Nahjul Hidayah Tegalgubug Cirebon, PP Fathul Ulum Kwaegan Kediri, dan PP Alquran Miftahul Ulum Jejeran, Bantul.

Penulis saat ini menjadi Sekrektaris Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Pati, sekretaris Perkumpulan Huffadh (PMH) Pati, Ketua MUI dan DMI Dukuhseti, dan aktif mengisi majelis-majelis pengajian serta mengasuh Pondok Pesantren An Nasuha Bakalan, Dukuhseti Pati. Hakim dan pembina Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Diraatil Kutub (MQK) Jawa Tengah.

Umar juga aktif menerjemah buku-buku keislaman, dan terlibat dalam halaqah-halaqah nasional keulamaan.
Bagikan :

Tambahkan Komentar