Oleh  Nur Rira Febriyani
Peresensi adalah Mahasiswi PGMI STAINU Temanggung

Pengertian Game Online
Game Online merupakan  game (permainan ) dimana banyak orang yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan melalui jaringan komunikasi Online (LAN atau Internet). Menurut Eddy Liem, Direktur Indonesia Gamer, sebuah komunitas pecinta game di Indonesia, Internet Game adalah sebuah game (permainan) yang dimainkan secara online via internet, bisa menggunakan PC (Personal Computer), atau konsol game biasa seperti PS2, X Box, dan sejenisnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game online adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan sambungan internet melalui jaringan komputer, PC, atau konsol game biasa, dan biasanya dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang sama dimana antar pemain bisa saling tidak mengenal.


Kecanduan
Kecanduan atau adiction menurut Gripson & Bokular dalam Elster merupakan suatu keadaan interaksi antara psikis dan fisik dari organisme hidup atau obat, dibedakan oleh tanggapan perilaku dan respons lainnya yang selalu menyertakan keharusan untuk mengambil obat secara terus menerus atau berkala untuk mengalami efek psikis, dan kadang-kadang untuk menghindari ketidaknyamanan ketiadaan dari obat. Aqila Smart, mengemukakah 5 dampak negatif game online antara lain:
Merusak mata dan menimbulkan kelelahan
Mengajarkan kekerasan
Berpeluang mengajarkan judi
Berisiko kecanduan

Faktor Penyebab Kecanduan Game Online
Penyebab seseorang mengalami kecanduan game salah satunya karena gamers (pemain game) tidak akan pernah bisa menyelesaikan permainan sampai tuntas. Terdapat faktor internal maupun faktor eksternal yang menyebabkan anak kecanduan terhadap game online. Faktor internal tersebut diantaranya:

Keinginan yang kuat dari diri anak-anak untuk memperoleh nilai yang tinggi dalam game online.
Rasa bosan yang dirasakan anak-anak saat di rumah atau di sekolah.
Ketidakmampuan mengatur kegiatan penting lainnya sebagai prioritas
Sedangkan faktor eksternalnya ialah sebagai berikut:
Lingkungan yang kurang terkontrol
Kurang memilki hubungan sosial yang baik
Harapan orang tua yang melambung terhadap anaknya
Hardiansyah Masya mengemukakah bahwa terdapat empat komponen yang menunjukkan seseorang kecanduan game online, diantaranya:
Compulsion (Dorongan untuk melakukan secara terus-menerus)
Withdrawal (Penarikan diri)
Tolerance (Toleransi)
Interpersonal and health- related problems (Masalah hubungan interpersonal dan kesehatan)

Solusi Mengatasi Kecanduan Game
Ada beberapa cara untuk mengatasi kecanduan game online, diantaranya:
Bersungguh-sungguh
Mempunyai pikiran hemat
Mencari aktivitas lain
Membatasi waktu bermain game online
Meminta bantuan orang terdekat

Kesimpulan
Dari berbagai penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa:
Faktor internal maupun eksternal mempengaruhi anak untuk bermain game
Game memilki dampak negatif jika terlalu kecanduan dengan game online
Kecanduan game online dapat diatasi dengan berbagai cara.



Kelebihan artikel:
Dalam artikel tersebut penggunaan bahasa sudah cukup baik, kata yang digunakan dalam artikel ini bersifat baku dan sesuai dengan Kamus EYD Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel sudah cukup baik, sehingga artikel tersebut dapat memuat poin-poin penting dalam artikel. Isi artikel tersebut tidak terlalu berbelit-belit sehingga akan lebih cepat dalam menangkap isi artikel tersebut.

Kekurangan artikel:
Beberapa penggunaan kata dalam bahasa yang terdapat dalam artikel tersebut kadang sulit untuk dipahami oleh beberapa orang yang pemahaman bahasanya kurang. Dalam penulisan artikel mungkin ada beberapa poin yang tidak tertulis dalam artikel tersebut. Ada bagian isi artikel yang kalimatnya terlalu membingungkan.

Masukan/kritik :
Dalam penggunaan kalimat pada artikel tersebut sebaiknya penulis bisa lebih menggunakan bahasa baku yang sekiranya mudah dipahami oleh pembaca. Dan mengurangi pembahasan yang sekiranya terlalu berbelit-belit cukup pada poin-poin tertentu saja.

Biodata Buku
Penulis : Tim PGMI STAINU Temanggung
Editor: Hamidulloh Ibda, M.Pd
Penerbit Forum Muda Cendekia (Formaci)
ISBN: 978-60250566-5-9
Tahun: 2019
Cetakan: 1 (pertama)
Tebal: 21 x 14 cm. xvii + 396 halaman
Bagikan :

Tambahkan Komentar