Oleh Astri Yuliana Dewi
Mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung

Kesurupan? Apa yang ada dipikirkan kalian kalau ditanya tentang kesurupan? berdasarkan buku yang saya baca yang berjudul “problematika anak SD/MI Zaman Now dan Solusinya” Kesurupan tidak lain dan tidak bukan adalah kondisi dimana seorang manusia berada diluar kendali dari pikirannya sendiri.

Semua orang pasti menginginkan yang namanya hidup tenang damai tanpa ada masalah. Akan tetapi di dunia kita tidak hidup sendiri masih ada makhluk-makhlk lain salah satunya adalah makhluk kasap mata seperti jin, setan malaikat dan lain sebagainya. Apa hubungannya makhluk tersebut dengan kesurupan? Menurut keyakinan Kesurupan terjadi karena ada sosok makhluk halus atau yang kita sebut dengan jin atau setan yang masuk ke dalam tubuh dan jin tersebut mengendalikan kita sehingga orang yang kesurupan biasanya berbicara ngawur dan bertingkah aneh bahkan mereka biasanya lupa dengan identitas dirinya sebagai manusia.

Siapa saja yang sering mengalami kesurupan? Kesurupan tidak memandang usia. Siapa saja bisa kesurupan mulai dari anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua. Laki-laki perempuan namun kesurpan lebih banyak terjadi pada perempuan, kenapa? Karena dari sisi psikologis mereka gampang tersugesti. gampang ditakuti, dan cemas ketika anak perempuan teriak maka akan menular ke anak perempuan lain. Selain berteriak, mereka kadang menjadi orang lain, atau menyerupai hewan, ada juga yang mengeluarkan suara seperti bukan suaranya. Self hypnosis juga bisa muncul ketika seorang mendengar alunan jathilan, atau ketika orang berdzikir. Irama tersebut membuat orang mengantuk dan akhirnya tersugesti dalam kondisi subconscious.(hlm: 24) Mungkin karena perempuan seering melamun.

Tapi mengapa banyak anak kecil yang mengalami kesurupan? Kesurupan dapat terjadi karena anak telah mengalami tekanan mental. Tekanan mental tersebut banyak sekali penyebabnya salah satunya Ketidakharmonisan keluarga.

Ketidakharmonisan keluarga disini bisa karena broken home atau kekerasan dalam rumah tangga. Broken home tersebut dapat menyebabkan penurunan mental pada anak, dari situ anak bisa kehilangan kesadaran sehingga jin dapat dengan mudah masuk dalam tubuh anak, dan anak tersebut mengalami kesurupan atau kerasukan jin. Apa hubungannya? Karena keluarga adalah tempat dimana anak dapat mendapatkan kasih sayang yang lebih akan tetapi apabila tidak ada keharmonisan anak akan merasa kurang diperhatikan sehingga mengalami ketakutan yang sangat luar biasa dan anak akan merasa tertekan dengan keadaan tersebut.

Bukan hanya masalah broken home tapi faktor pembullyan juga bisa menjadi masalah penurunan mental pada anak. Mengapa? Bully atau membully saat ini sudah merajalela, mulai dari orang dewasa hingga kepada anak-anak. Jika pembullyan itu sudah terjadi maka anak akan mengalami tekanan mental dan ujung-ujungnya kesurupan.

Ada banyak solusi untuk menghilangkan gangguan jin salah satunya adalah ruqyah, ruqyah disini adalah rukyah islam yang menggunakan lafadz-lafadz allah, bukan datang ke dukun lalu minta air dan lain sebagainya. Ruqyah merupakan salah satu metode penyembuhan alternatif yang dilakukan untuk orang yang terkena sihir, kerasukan atau kerasukan dan gangguan jin.

Syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam melaksanakan ruqyah yaitu:
•Bacaan-bacaan yang digunakan memeiliki dasar dalam Al-Quran dan Sunnah
•Bacaan yang digunakan dalam ruqyah tidak mengandung unsur syirik dan sihir
•Ruqyah harus menggunakan kalimat yang dipahami maknanya
•Alat untuk menulis ruqyah harus bersih dan suci atau bukan barang yang najis. (hlm: 28-29).

Biodata Resensi
Judul : Problematika Anak MI/SD Dan Solusinya
Penulis : Mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung
Nama Peresensi : Astri Yuliana Dewi
Penerbit : Formaci
Tahun terbit : 2019

Kelebihan dan kekurangan
Buku kumpulan artikel yang sepakat dinamai “PROBLEMATIKA Anak SD/MI Zaman Now dan Solusinya” sangat menggugah saya untuk membacanya. Karena di dalamnya kita bisa mengeksplor ilmu tentang bagaimana cara mengatasi problematika yang ada di SD/MI salah satunya adalah kita dapat mengetahui solusi anak kesurupan. Sebenarnya banyak yang belum saya ketahui tentang solusi dalam menghadapi masalah pada anak SD/MI, dengan membaca buku tersebut saya sedikit-sedikit menjadi paham dan dapat belajar bagaimana cara mengatasi anak-anak SD/MI. buku ini dapat membantu si pembaca agar dapat peduli akan masalah yang terjadi SD/MI yang tentu membutuhkan gagasan dan pemikiran cerdas untuk mengurainya. Pengalaman awal untuk mahasiswa-mahasiswa semester pendek yang baru saja menginjak bangku perkuliyahan bisa mengadakan penelitian kemudian dibukukan.
 
Namun buku yang saya baca tersebut terdapat beberapa kekurangan seperti halnya tidak ada foto dari problem yang sedang di amati (kesurupan), seharusnya itu perlu supaya ada gambaran bagi si pembaca. Dan beberapa kesalahan mengetik tanpa ada spasi, tidak ada koma dan mungkin masih ada kata-kata yang harus diperbaiki. memang tidak dimasukkan atau mungkin saya yang kurang teliti. Akan tetapi kekurangan itu tidak akan menutupi kelebihan dari buku tersebut. Tetap banyak ilmu yang dapat diperoleh dari membaca buku tersebut. 
Bagikan :

Tambahkan Komentar