Ilustrasi Jembes Times

Oleh Rofi Hiznul Farkhamni
Mahasiswa STAINU Temanggung

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh..
Perkenalkan nama saya Rofi Hiznul Farkhamni Mahasiswa STAINU Temanggung dari kelas PAI IIA di sini saya akan menyampaikan sedikit tentang “Keutamaan Shalat Tarawih Pada Bulan Ramadhan”
Alhamdulillahirabbil ‘alamiin .. wabihi nasta’in, wa’ngaalaa umuuriddunya waaddin, wassolatu wassalamu ‘alaa asyrofil anbiyaai walmursaliin.. sayyidina muhammadin wa ‘ngalaa aalihi washohbihi ajma’in .. amma ba’du.

Qoolallahu ta’ala fiil qur’anil kariim .. a’udzubillahiminassyaithonirrajiim.. bismillahirrahmanirrahim ..syahru romadhonalladzi ..unzila fiihil qur’an, hudallinnasii..wabayyinatim minal hudaa walfulqon,. Al aayah, amma ba’du.

Hadiriin yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah s.w.t, sehingga kita dapat menjalankan puasa ramadhan pada hari ini dengan lancar tanpa suatu halangan apapun, sehingga kita pada malam harinya kita bisa menjalani sholat tarowih dengan baik.

Disini, saya akan menyampaikan sedikit tentang keutamaan shalat tarawih mana malam pertama hingga malam ke lima. Sebenarnya kalau kita lihat dari segi keutamaan sholat tarawih, pasti dari malam pertama hingga malam terakhir tentunya dari setiap malamnya bulan puasa ada keutamaan yang berbeda, namun untuk mempersingkat waktu, disini saya aka mengungkap sedikit tentang keutamaan shalat tarawih dari hari pertama hingga malam ke lima.

Okey, langsung saja.
Keutamaan shalat tarawih dari malam pertama yaitu dijelaskan dlm hadist bahwasanya akan keluarlah dosa-dosa orang mukmin (yang melakukan sholat Tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia didunia.

Malam pertama

عن على بن ابى طالب رضى الله تعالى عنه انه قال سئل النبى عليه الصلاة والسلام عن فضائل التراويح فى شهر رمضان فقال يخرج المؤمن من ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته امه


Diriwayatkan dari ali bin abi tholib Ra.bahwa sesungguhnya ali berkata : Nabi alaihis sholatu was salamu ditanya tentang keutamaan tarowih di bulan romadlon. Maka Nabi menjawab : "pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia


Malam ke 2

وفى الليلة الثانية يغفر له ولأبويه ان كان مؤمنين

Pada malam yang ke 2, orang yang sholat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa ke-2 orang tuanya jika keduanya mukmin


Malam ke 3

وفى الليلة الثالثة ينادي ملك من تحت العرش استأنف العمل غفر الله ما تقدم من ذنبك

Pada malam yang ke 3, malaikat dibawah arasy berseru,mulailah melakukan amal kebaikan (sholat tarawih) maka ALLOH akan mengampuni dosamu.


Malam ke 4

وفى الليلة الرابعة له من الاجر مثل قراءة التورات والانجيل والزبور والفرقان

Pada malam yang ke 4, bagi yang melakukan tarawih dapat pahala sebagaimana pahala orang yang membaca kitab taurot,injil,zabur dan alqur'an.


Malam ke 5

وفى الليلة الخامسة اعطاه الله تعالى مثل من صلى فى المسجد الحرام و المسجد المدينة والمسجد الاقصى

Pada malam yang ke 5, ALLOH memberikan pahala bagi yang tarawih sebagaimana pahalanya orang yang sholat di masjidil harom, masjid madinah/nabawi dan masjidil aqsho.

 Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bisa menjadi manfaat, dan semoga tulisan ini bisa menjadi motifasi anda untuk tetap semangat menjalani puasa ramadhon hingga pada malam harinya tetap istiqomah hingga hari ke 30 nantinya..

Akhirul kalam. Wallahul muafiq ilaa aqwamittariq, wassalamu’alaikum wr.wb.
Marhaban ya ramadhan, semoga semua ibadah kita dapat di terima di sisinya.. amiin ya rabbal ‘alamiin..


Bagikan :

Tambahkan Komentar