Muara Teweh, TABAYUNA.com - Tumbang Anoi adalah salah desa yang berada di kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Tumbang Anoi adalah tempat bersejarah bagi perjalanan masyarakat Dayak. Tumbang Anoi menjadi tempat rapat akbar untuk mengakhiri tradisi mengayau pada tahun 1894.Untuk memperingati  sejarah tumbang anoi 1894 ,maka seluruh masyarakat suku dayak mengadakan kegiatan napak tilas tumbang anoi.

Untuk kegiatan tersebut Barito Utara ikut hadir dalam kegiatan napak tilas tersebut. Kabupaten Barito Utara diwakili oleh 4 lembaga yang diantaranya Gerdayak , Dayak Misik ,MAKI dan Pemuda Kaharingan dalam rangka mengikuti Internasional Napak Tilas di Tumbang Anoi.

Terkait kegiatan tersebut , pemerintah daera kabupaten Barito Utara juga memberikan perhatian lebih kepada lembaga-lembaga yang mewakili Barito Utara mengikuti
Kegiatan tersebut.

Seperti yang diungkapkan Hison selaku koordinator rombongan Barito Utara untuk kegiatan tersebut "Terimakasih Pemda barito-Utara yang sudah membantu keberangkatan Gabungan organisasi 4 lembaga adat kabupaten barito-utara yaitu Gerdayak, dayak misik, Maki dan pemuda kaharingan untuk mewakili acara Internasional Napak Tilas di Tumbang Anoi, kerna bagaimanapun gabungan 4 lembaga ini tetap membawa momen Barito Utara " katanya

Hal senada juga disampaikan sekretarisnya,Ketua MAKI Sukarni S.Ag menambahkan " gabungan 4 lembaga yg akan hadir tidak memangdang besar atau kecilnya bantuan terhadap kami yang kami butuhkan adalah dukongan dan supot dari pemerintah daerah" tambahnya. (tb44/anang).
Bagikan :

Tambahkan Komentar