Judul Buku       : PENTINGNYA PENGAMALAN NILAI-NILAI PANCASILA
Penulis             : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si.,       Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.Ap., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting      : Hayat dan H. Suratman
Editor              : Asfira Fajar Humairoh
Penerbit          : Baskara Media
Cetakan           : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku      : xii + 382 halaman
ISBN                 : 978-602-50306-7-3
Peresensi.       : Ikhwanul ulum
Fakultas/Prodi  Ilmu Administrasi Negara
Universitas Islam Malang

Buku “Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi“ yang disunting oleh Hayat dan H. Suratman ini menuangkan pendidikan Pancasila sesuai dengan Landasan yuridis perkuliahan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi tertuang dalam Undang undang No. 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional Pasal 39 menetapkan bahwa isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan, wajib memuat Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam buku ini terdapat sebelas bab yang memiliki pokok bahasan tertentu.

Pancasila dalam lintasan sejarah. Pancasila sudah dikenal sejak masa kerajaan di Indonesia seperti Kerajaan Kutai, Sriwijaya, dan Majapahit yang mana pada masa itu Empu Prapanca menulis Negara-Kertagama (1365 M). Dalam kitab tersebut telah terdapat istilah “Pancasila”. Pancasila sebagai ideologi Negara. Pancasila bersifat reformatif, dinamis, dan terbuka. Ideologi Pancasila senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, IPTEK, serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

Buku yang berjudul "PENDIDIKAN PANCASILA" Ini, didalamnya membahas tentang pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama', keduxukan dan fungsi pancasila, pancasila sebagai etika politik, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, hubungan agama dan pancasila. Kemudian dibahas pula mengenai hubungan pancasila dengan UUD 1945, serta sistem pemerintahan di Indonesia, pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahan ajar tersebut disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter Bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mampu mengantarkan mahasiswa bersikap adaptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara, serta mampu meningkatkan jati diri bangsanya.

Buku ini mempunyai sistematika yang baik karena setiap bab disusun secara terstruktur sehingga pembaca lebih mudah mengikuti alur pemikiran dari penulisnya. Mempermudah pembaca untuk memahami tentang pancasila dan tak hanya menyuguhkan tentang pendidikan pancasila saja akan tetapi disertai nilai-nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar Pancasila. 

Pengamalan nilai-nilai pancasila juga banyak tidak sesuai dengan kondisi dan situasinya. Baik dalam konteks, pancasila dalam lintas sejarah, perkembangan pancasila, pancasila sebagai idelologi negara dan sistem filsafat, sebagai etika politik, dalam hubungan agama, pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, serta pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan.

Bukti nyata bahwa Pancasila memang bertujuan untuk memersatukan bangsa Indonesia tercermin jelas pada sila ketiga yang berbunyi, Persatuan Indonesia. Sila ini hendaknya dimaknai dengan sungguh-sungguh oleh setiap warga negara. Yang pada era milenial ini menjadi pokok permasalahan adalah sikap anak-anak muda yang cenderung kurang menganggap peranan penting Pancasila, hanya mengingat bahwa Pancasila merupakan bagian dari upacara bendera yang wajib dikumandangkan tanpa mengamalkan langsung dalam kehidupannya. Sungguh disayangkan, bahwa Pancasila sebenarnya adalah hal mutlak yang patut mendarah daging dalam diri setiap warga negara Indonesia sebagai tugas dan tanggung jawab terhadap bangsa.

Penulis buku ini mampu menampilkan ide-ide yang unik karena bukunya lebih banyak menonjolkan aspek kearifan lokal, Ide yang ada pada buku ini merupakan suatu pengalaman dan penelitian dari penulis. Karena semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, maka pendidikan pancasila harus disampaikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mampu memberikan pelajaran positif bagi masyarakat dan memberikan langkah konkrit kepada dosen pengampu mata kuliah pancasila.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama untuk pemuda pemudi di Indonesia saat ini. Setelah membaca buku ini pemuda pemudi akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada buku ini dan mempraktekkan pada kehidupan sehari-hari.

Melalui buku ini kita dapat menyimpulkan bahwa Pancasila sangat penting bagi Indonesia dan masyarakat guna mewujudkan bangasa yang makmur. Melalui buku ini juga kita dapat memahami bahwa dalam melahirkan lima dasar landasan Indonesia ini tidaklah mudah dan cukup panjang maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus senantiasa setia menjaga keutuhan Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar hidup Indonesia selalu dibumbui persatuan dan kesatuan.

Kekurangan dan Kelebihan
Kekurangan dalam buku ini yaitu tidak cocok dibaca oleh kalangan remaja karena didalamnya terdapat banyak istilah-istilah yang hanya bisa dipahami oleh kalangan mahasiswa dan dosen, buku ini kurang memberikan kepemahaman untuk pembaca yang masih pemula dan menyebabkan pesan tidak tersampaikan dengan baik

Selain memiliki kekurangan, adapun kelebihan buku ini yaitu memberikan informasi atau pelajaran yang sangat detail dan terperinci mengenai setiap bab yang termuat dalam buku. Dari tata letaknya kita dapat mencermati bahwa buku ini disusun dengan cermat karena dipenuhi oleh ilustrasi yang mendukung penjelasan penulisnya.

Dan memberikan motivasi untuk semua orang untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila pada kehidupan sehari-hari. Serta buku ini di lengkapi dengan dalil-dalil Al-Qur'an yang menyangkut tentang pancasila dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.

PeresensiIkhwanul ulum mahasiswi UNISMA






Bagikan :

Tambahkan Komentar