Nama: Taqiyyuki Izzuki
Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis (1a)

Judul : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis :M.Taufik,S.H.,M.H, Dkk.
Penerbit :Baskaramedia
TahunTerbit :Juli,2018
Cetakan:Pertama
Jumlah Halaman :xii+382halaman

Dalam buku ini penulis menjelaskan dengan rinci sejarah lahirya Pancasila hingga Pancasila sebagai ideologi negara. Tidak hanya itu, penulis juga memberikan beberapa kalimat yang sangat mudah ditelaah untuk pembaca. Dapat diketahui dalam buku tersebut memiliki 11 Bab didalamnya, yang tentunya memiliki pokok bahasan yang berbeda-beda tentunya.

BAB I: PANCASILA DALAM LINTASAN SEJARAH
Di Bab ini mendeskripsikan tentang filosofi beberapa kerajaan di Indonesia, masa penjajahan, masa kebangkitan, sidang BPUPKI hingga Proklamasi Kemerdekaan dan masa Orde lama maupun baru.

BAB II: PENGERTIAN PANCASILA DAN PENGEMBANGANYA
Di bab yang kedua buku ini menyajikan deskripsi tentang apa makna dari Pancasila, sejarah istilah Pancasila, Pancasila menurut beberapa ahli, perumusan dan pengesahan Pancasila, Peran tokoh-tokoh islam dalam perumusan dasar negara seperti tokoh Nadlatul Ulama/NU(K.HAbdulWahidHasyim)

BAB III: PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Di bab ketiga buku ini menjelaskan pengertian ideologi baik itu ideolgi terbuka ataupun tertutup, ideology particular dan ideology ikoprehensif,hubungan antara filsafat dan ideology ,ideology Pancasila, makna ideology bagi bangsa dan negara, Pancasila sebagai ideology yang reformatif, dinamis dan terbuka, ideology illiberal hingga ideology sosialisme

BAB IV: PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Bab ke empat ini mendeskripsikan dengan rinci apa yang dimaksud Pancasila sebagai sistem filsafat, dasar dasar filsafat, sebab filsafat Pancasila Pancasila sebagai system filsafat dan Pancasila sebagai nilai dasar fundamental bagi bangsa dan negara

BAB V: PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Bab ke lima ini menjelaskan manfaat dari apa makna pancasila. Kita bisa belajar adab dengan adanya Pancasila dengan lima silanya. Tentang norma, perilaku baik, adab politik dan menghargai sesama manusia yang semua sama di hadapan sang Maha Esa.

BAB VI: HUBUNGAN AGAMA DAN PANCASILAl
Bab ke enam ini menjelaskan tentang sejarah perkembangan Agama di  Indonesia, dinamika Agama di Indonesia, Hubungan antar Agama di Indonesia. Bertoleransi dengan semua agama yang ada di Indonesia. Dan juga di bab ke enam ini menjelaskan bahwa kita semua sama tapi tetap satu.

BAB VII: PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN DALAM BERMASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA
Bab tujuh ini mendeskripsikan tentang konsep masyarakat madani, posisi dan peran umat Islam di Indonesia, kerukunan hidup antar beda kepercayaan, Pancasila sebagai paradigma pembangunan, dan Pancasila sebagai paradigma reformasi.

BAB VIII: NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN
Bab delapan menjelaskan tentang makna nilai Pancasila ,asal mula nilai Pancasila, Pancasila sebagai inti nilai, Agama sebagai inti  nilai Pancasila dan Nilai Pancasila menjadi inti Norma Hukum

BAB IX: UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA
Bab sembilan  menjelaskan tentang hubungan Pancasila dengan UUD 1945, Hukum dasar UUD tertulis dan tidak tertulis, Amandemen UUD 1945, Sistem Ketatanegaraan Indonesia berdasarkan UUD 1945 Pasca Amandemen dan Kontribusi umat Islam dalam Perundang-undangan di Indonesia

BAB X: SISTEM PEMERINTAHAN
Bab sebelum bab terakhir yakni bab sepuluh mendeskripsikan tentang Sistem Pemerintahan di Indonesia, Periodisasi Sistem Pemerintahan di Indonesia, Tinjauan umum tentang lembaga-lembaga Negara ,hubungan antara lembaga-lembaga Negara dan Sistem Pemilu dan Kepartaian di Indonesia
BAB XI: PANCASILA SEBAGAI DASAR NILAI PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
Bab terakhir yakni bab sebelas merupakan penyempurna dari bab bab yang diatas.

KELEBIHAN BUKU:Mampu memberikan informasi secara rinci mengenai sejarah terbentuknya Pancasila hingga Pancasila sebagai Dasar Negara.  Buku ini dapat dijadikan referensi tentang pendidikan pancasila bagi mahasiswa sehingga generasi muda dapat lebih memahami tentang pancasila. Dengan membaca buku Pancasila  memberikan pengetahuan luas kepada mahasiswa/i mengenai bagaimana dengan hidup yang bermanfaat bagi kehidupan negara kita.

KEKURANGAN: Mungkin bagi pemula, buku ini agak membingungkan karena banyak kosa kata yang tidak biasa digunakan di kehidupan sehari hari kita.

Bagikan :

Tambahkan Komentar