Oleh Arsan Halid
Mahasiswa UNISMA


Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sudah titik kemajuan yang pesat sehingga sisi peradaban manusia mengalami perubahan reaksi yang luar biasa. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berhubungan erat dengan situasi yang melingkupinya, yang berarti selalu berkembang dalam bagian suatu budaya. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada ranahnya berhubungan dengan nilai-nilai budaya dan agama, sehingga di satu bagian dibutuhkan juga semangat objektivitas, di satu bagian lain ilmu pengetahuan dan teknologi perlu mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan agama dalam pengembangannya agar tidak merugikan bagian-bagian yang lain. 

Pancasila merupakan satu sila ke sila lainnya merupakan hal yang merupakan sumber nilai, pola pikir serta asas moralitas bagi pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan ini mengulas tentang apa dan bagaimana ilmu dan teknologi yang harus dikembangkan di Indonesia.

Pancasila didasari penyesuaian dengan budaya bangsa Indonesia sendiri, dari itu Pancasila memiliki fungsi dan peranan yang sangat luas serta sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Fungsi dan peranan itu selalu mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan zaman. 

Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya. konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memprediksikan bahwa kebanyakan orang sering mencampur adukkan antara kebenaran dan kemajuan sehingga pandangan seseorang tentang kebenaran terpengaruh oleh kemajuan yang dilihatnya.

Perkembangan pembangunan nasional merupakan proyek peningkatan kualitas individu dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara continue, berdasarkan kemampuan nasional dengan menelaah manfaat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan dalam perkembangan global. Dalam pelaksanaannya mengacu pada kepribadian bangsa itu sendiri dan nilai-nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, sejahtera, berkeadilan, maju, dan kukuh kekuatan moral dan etikanya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar