TABAYUNA.com
- Pada Rabu (28/10/2020), Pimpinan Cabang Muslimat dan Fatayat Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati menyelenggarakan pelatihan untuk menyukseskan program tenaga kerja mandiri dari Kementrian Tenaga Kerja. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari di lokasi berbeda.


Ketua Pimpinan Cabang Muslimat Pati Umi Nanik mengungkapkan, pelatihan yang diselenggarakan meliputi pelatihan informasi dan teknologi dengan sasaran pengurus pimpinan cabang dan anak cabang Muslimat. Dalam pelatihan tersebut,  peserta dibekali kemahiran dalam mengoperasionalkan berbagai media sosial (medsos). Disamping itu juga diberikan pemahaman tentang Undang-Undang ITE.


Setelah pelatihan itu, diharapkan peserta dapat terampil menggunakan medsos dalam mendukung setiap usaha ekonomi yang dijalankannya dalam keadaan aman dan nyaman. Sehingga mampu mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi.


Ketua Pimpinan Cabang Fatayat Kabupaten Pati Asmonah Yusuf menyampaikan, pelatihan yang diselenggarakan merupakan pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui usaha olahan bahan makanan dari ikan bandeng. Sasaran peserta melalui seleksi dari yang belum bekerja maupun yang terkena dampak PHK karena pandemi Covid-19.


“Sebagai muslim kita harus kuat aqidah, kuat ilmu, kuat fisik dan kuat ekonomi. Perempuan sebagai tiang negara, maka harus bisa membantu jangan menjadi perempuan yang lemah,” Kata Asmonah Yusuf 


Bu Asmonah yang istri Kiai Yusuf Hasyim menambahkan, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan sumber daya manusia. Disamping itu sebagai bentuk peningkatan pengetahuan serta sikap ketrampilan dalam mengolah ikan bandeng.


Lewat pelatihan ini diharapkan para pengolah ikan lebih memahami bagaimana cara melakukan pengolahan ikan bandeng. Sehingga melalui keterampilan tersebut dapat membuka atau menumbuhkan semacam industri rumah tangga baru.


Pelatihan juga dimaksudkan untuk membekali peserta akan teori cara-cara proses pengolahan ikan bandeng, persyaratan bahan mentah dan pengolahan ikan bandeng. Disamping itu, juga untuk menangani bahan mentah ikan bandeng dengan baik.


Dalam pelatihan tersebut juga diberikan bantuan alat. Untuk pelatihan informasi dan teknologi bantuannya berupa laptop dan printer. Sedangkan pelatihan olahan bahan makanan dari ikan bandeng bantuannya berupa panci presto, alat penggiling daging dan pinset pencabut duri.


Sementara ditemui saat acara  Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pati Kiai Yusuf Hasyim menyambut positif kegiatan Fatayat NU Kabupaten Pati menggandeng Muslimat NU untuk mengadakan pelatihan pengolahan bandeng, dengan ekonomi kreatif dan mandiri Ibu-ibu Fatayat Nahdlatul Ulama diharapkan mampu mengimplementasikan ghiroh untuk maju dan mandiri di tengah suasana pandemi Covid 19. 


“Ayo kita kuatkan dan rekatkan kembali sinergitas antara pemerintah dengan Nahdlatul Ulama. Setiap program-program Pemerintah Kabupaten Pati silahkan melibatkan kita, dan tentunya kita siap berkolaborasi dengan dukungan penuh dan totalitas mengerahkan setiap elemen yang ada di NU mulai dari ranting yang berada di kelurahan/desa sampai dengan pimpinan cabang di kabupaten, sehingga acara seperti pelatihan ini memberikan banyak peluang usaha untuk saat ini yang dituntut kreatif dan inovatif". Terang Yusuf Hasyim. (Tb44/Fikrul Umam).

Bagikan :

Tambahkan Komentar