Oleh Agus Ilmi Samudin

Pada dasarnya managemen hubungan masyarakat merupakan fungsi utama yang diperlukan oleh suatu lembaga terutama lembaga pendidikan, karena pada dasarnya sekolahan dari masyarakat untuk masyarakat. Oleh karena itu pimpinan lembaga pendidikan harus bisa terus menerus membina hubungan yang baik antara lembaga pendidikan atau sekolahan dengan masyarakat.

Fungsi dari hubungan ini bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan persepsi terbaik bagi suatu lembaga pendidikan yang kegiatannya langsung maupun tidak langsung bagi masa depan keberlangsungan suatu lembaga pendidikan terkait program-program yang ada, harapannya agar masyarakat bersimpati terhadap program-program lembaga pendidikan ataupun sekolahan yang dapat mengundang partisipasi yang aktif dilingkungan masyarakat.

Beberapa manfaat ketika hubungan ini terjalin secara bagus maka yang terjadi dari pihak lembaga selalu mendapat masukan yang sangat bagus seperti halnya bantuan seperti dalam pemikiran, dana, sarana dan lain-lain, oleh karena itu lembaga pendidikan yang tidak memanfaatkan dan melibatkan hubungan masyarakat dalam pengelolaan lembaga pendidikannya.

Terkait segala informasi tentang perkembangan kemajuan sekolah, permasalahan bahkan permasalahan belajar siswa selalu akan muncul dan berkembang setiap saat, karena itu maka diperlukan penjelasan informasi yang terus menerus dari lembaga sekolahan untuk masyarakat atau orang tua murid sehingga mereka sadar akan pentingnya keikutsertaan dalam meningkatkan mutu pendidikan putra-putrinya.

Dengan demikian untuk menjembatani kepentingan kedua pihak diperlukan satu bidang khusus yang membidangi aktifitas hubungan masyarakat dengan suatu lembaga agar dikelola dengan baik, professional, efektif dan effisien demi tercapainya satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar