TABAYUNA.com - Pembelajaran IPA di SD tidak dapat terpisahkan oleh media pembelajaran, karena banyak materi pembelajaran IPA yang sulit dijelaskan dengan buku saja. Penggunaan media dalam pelajaran IPA di SD sangatlah bermanfaat, karena media memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam proses belajar IPA di SD. Fungsi media pembelajaraan IPA di SD sangatlah banyak yaitu membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar IPA dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa.

 

Secara tidak langsung siswa termotifasi/rangsang untuk belajar lebih mandiri dan mencoba sendiri percobaan IPA dengan penggunaan media menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik, terutama pada pelajaran IPA di SD. Anak-anak SD akan merasa senang jika melihat gurunya melakukan percobaan dengan menggunakan media tersebut. Penggunaan media dalam pembelajaran IPA diSD membuat siswa dapat membangkitkan atau meningkatkan ide-ide atau gagasannya untuk mempelajarinya. Penggunaan media IPA tersebut membuat siswa aktif dan mengikuti pembelajarannya dengan senang hati.

 

Dengan penggunaan media pembelajaran secara tidak langsung meningkatkan kemampuan siswa dalam berfikir, bernalar, psikologis, sikap, dan mental. Penggunaan media pembelajaran IPA tersebut bermanfaat bagi guru yaitu guru akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran yang sulit dimengerti oleh anak, dengan begitu guru dapat mempersingkat waktu untuk pembelajarannya.

 

Media pembelajaran KIT IPA ini memberikan kesempatan siswa belajar eksperimen menggunakan KIT IPA untuk membuktikan Energi Bunyi dengan cara yang menarik bersama teman-teman di kelas. Dengan adanya praktikum menggunakan KIT IPA tentang energi bunyi, guru lebih mudah menumbuhkan ketuntasan belajar anak, sehingga anak memperoleh pengalaman langsung. Dengan media KIT IPA, siswa yang tadinya merasa malas ketika mendengarkan materi tentang energi panas dan bunyi, menjadi lebih semangat dalam memahami isi materi pelajaran.

 

Buku ini merupakan hasil riset penelitian tindakan kelas yang memberikan dampak secara teoretis maupun praktis untuk peningkatan kualitas pendidikan. Penulis mengucapkan banyak terima kasih karena banyak pihak yang membantu menyukseskan penerbitan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi guru dan utamanya bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

 

Biodata Buku:

Judul: Belajar Energi Bunyi dengan KIT IPA

ISBN: 978-623-6769-02-7

Cetakan: I, September 2020

Tebal: 14 x 21 cm,  vi + 60 Halaman

Penulis:  Setyowati, S.Pd.

Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Email : pilarnusapress@gmail.com

Harga: Rp 50.000 (Belum ongkir)

HP: 081225183113

Bagikan :

Tambahkan Komentar