TABAYUNA.com - Buku ini merupakan hasil riset yang dilakukan penulis dengan judul “Minat Baca Melalui Duta Baca Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangrejo 01 Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang“. Buku merupakan salah satu di antara ribuan buku di Indonesia yang mengkaji beberapa aspek tentang membaca atau duta baca. Namun buku ini memiliki spesifikasi di anak Sekolah Dasar (SD).

 

Kita perlu tahu, tahun 2020 ini Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menganugeri kembali Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia (DBI) untuk kali kelima. Pada tahun ini, Najwa Shihab bertugas untuk kembali membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru Nusantara, khususnya ke generasi muda. Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan berbagai indikator kegemaran membaca masyarakat Indonesia menunjukkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia semakin meningkat. Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah semakin meningkat, yang terlihat dari maraknya kegiatan literasi di seluruh daerah di Indonesia.

 

Merespon hal ini, riset penulis ini menjadi bagian dari sumbangsih untuk menggerakkan literasi sejak dini melalui anak-anak SD. Lewat pendidikan dasar inilah, spirit dan contoh Najwa Shihab dapat tertanam sejak dini.

 

Banyak sekali manfaat dari kegiatan membaca. Pasanya, dengan membaca kita dapat mengetahui lebih banyak kata-kata, frasa, klausa, kalimat, idiom yang sulit sekalipun menjadi ilmu baru bagi kita semua, apalagi untuk anak-anak SD yang masih membutuhkan banyak ilmu pengetahuan.

 

Dengan kemajuan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 saat ini tidak selaiknya kita untuk tidak terampil dalam hal membaca karena hampir tiap detik, anak-anak SD membaca. Namun, masih sekadar membaca layanan pesan WhatsApp, bahkan media sosial. Untuk itu, lewat buku hasil riset inilah akan digali formula untuk mendorong minat baca anak-anak SD khususnya lewat duta baca.

 

Dalam penlisan buku ini, penulis menyadari masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Maka [enulis memohon maaf yang sebesar-besarnya jika masih banyak kekurangan. Semoga buku kecil ini dapat bermanfaat bagi penyusun maupun kepada pembaca.

 

Biodata Buku:

Judul: Melahirkan Duta Baca: Strategi Peningkatan Minat Baca untuk Anak SD

Penulis:  Siti Rochajati, S.Pd.

ISBN: 978-623-6769-05-8

Cetakan: I, September 2020

Tebal: 14 x 21 cm, viii  + 46  Halaman

Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Harga: Rp 35.000 (Belum ongkir)

Bagikan :

Tambahkan Komentar