Oleh : Afrokha Zulfa Renanda

Mahasiswi Pai 2 INISNU Temanggung

 

PPKM merupakan singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. PPKM ini dilakukan untuk membatasi interaksi, pertemuan antar orang dengan orang dan kelompok, yang diharapkan dapat mengurangi penularan covid-19.

Selain itu, PPKM diberlakukan karena perkembangan kasus covid-19 masih menunjukkan peningkatan yang eksponensial, termasuk di luar Jawa dan Bali. Untuk itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan pemerintah mengambil langkah cepat dengan melakukan sejumlah langkah antisipatif agar jumlah peningkatannya dapat segera dikendalikan. Beberapa parameter yang digunakan untuk menetapkan Kabupaten/Kota di luar Jawa – Bali yang harus menerapkan PPKM Darurat, antara lain Level Asesmen Pandemi tingkat 4, Tingkatan Keterisian Tempat Tidur (TT) atau BOR lebih dari 65%, terjadi peningkatan kasus aktif secara signifikan, dan pencapaian vaksinasi yang masih di bawah 50% dari total masyarakat yang menjadi target vaksinansi.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah kebijakan Pemerintah Indonesia tahun 2021 untuk menangani pandemi covid-19 di Indonesia. Sebelum pelaksanaan PPKM, pemerintah telah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlangsung disejumlah wilayah di Indonesia. PPKM berlangsung dibeberapa wilayah yang menjadi titik penyebaran infeksi covid-19, yakni di Pulau Jawa dan Bali.

Adapun 22 daerah di Jawa tengah yang.masuk dalam asesmen level 3 yaitu Kabupaten Wonosobo ,Wonogiri,Temanggung ,Tegal,Sragen,sedangkan 13 daerah yang masuk level 4 yaitu Kabupaten Sukoharjo,Rembang,Pati,Kudus.

Di Jawa Tengah ,khususnya Kabupaten Temanggung ini dilakukan secara ketat ,bahkan beberapa jalan ditutup polisi ,di skat,  selain itu mengurangi jam operasional pasar,jam ruko,jam toko, dan pada acara pernikahan max 30 untuk resepsi pernikahan yang memang sebelumnya sudah di jadwalkan,dan seperti kegiatan kumpulan rt/rw ,yasinan,dan kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan sementara ditiadakan terlebih dahulu sampai  tanggal 20 Juli 2021.

 

Adapun dampak dari PPKM adalah dari sektor ekonomi,budaya,pendidikan,dll. Pada ekonomi misal perdagangan ,akibatnya sektor perdagangan mengalami dampak yang cukup serius dan berimbas pada kemiskinan .Usaha yang dilakukan  di desa saya sebagian besar orang melakukan usaha membuat triplek.  pada budaya  ,contohnya kesenian kuda lumping ,rebana ,topeng ireng ditiadakan,pada pendidikan harus menerapkan PPKM darurat ,sehingga berimbas pada penerapan sekolah tatap muka terbatas.

 

PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ) merupakan suatu kebijakan  pemerintah yang diterapkan untuk menyikapi pandemi covid-19 saat ini. Kebijakan tersebut tentu memiliki dampak positif dan negatif. Di satu sisi adanya kebijakan tersebut menyebabkan dampak yang signifikan bagi sektor perekonomian, pendidikan dll. Akan tetapi disisi lain penerapan PPKM atau pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini nyatanya dapat menekan penyebaran  virus covid-19 dengan demikian diharapkan kondisi semakin membaik dan kegiatan dapat berlangsung dengan normal.

Bagikan :

Tambahkan Komentar