Temanggung, Tabayuna.com - Madrasah Aliyah D-Baito Sunan Plumbon Krajan, Tembarak, Temanggung melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Besar Nasional dan Hari Besar Agama. Secara substansi di bulan Oktober 2021 ini terdapat empat peringatan hari besar yang meliputi Hari Santri Nasional, Maulid Nabi Muhammad SAW, Bulan Bahasa dan Sastra, serta peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dengan dibentuk kepanitiaan yang anggotanya adalah mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari INISNU Temanggung dan UNSIQ Wonosobo ini menambah antusias warga Madrasah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Peringatan keempat Hari Besar ini dikemas dalam sebuah kompetisi perlombaan cipta puisi dan poster dengan mengusung tema “Santri Berkarya Untuk Bangsa, Pandemi Meninggalkan Nusantara”. Perlombaan diikuti oleh para siswa yang notabenya adalah santri dari kelas X hingga XII dan dilaksanakan selama dua hari pada 11 dan 12 Oktober 2021. Tujuan diselenggarakannya kegiatan lomba tersebut adalah untuk membangun kesadaran para siswa akan pentingnya peringatan Hari Besar Nasional maupun Hari Besar Agama, menghargai peran kaum santri dalam memperjuangkan Indonesia, mengembangkan bakat, serta meningkatkan kualitas berkarya, berbahasa dan bersastra siswa.

“Jadikan kegiatan perlombaan ini sebagai ajang penyaluran bakat kalian, sebagai pijakan untuk semakin berkarya untuk bangsa, buktikan kalau santri juga bisa” ujar Bapak Tri Sadono, S.IP selaku Kepala MA D-Baito Sunan Plumbon dalam sambutan pembukaan lomba, Senin (11/10).

“Santri-santri MA D-Baito Sunan Plumbon nantinya harus jadi santri yang bermanfaat bagi masyarakat, jangan sampai masyarakat kecelik (tidak sesuai harapan)” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak lupa dengan penerapan protokol kesehatan. Sebagai kegiatan refresh dilanjutkan acara nobar (nonton bareng) film “Sang Kyai” yang mana terdapat banyak sekali pesan moral dan nilai-nilai Nasionalisme santri. Harapan semua pihak semoga kegiatan-kegiatan ini bisa menambah semangat para santri untuk menjadi generasi pemuda yang kreatif dan inovatif yang memberi kemanfaatan bagi nusa dan bangsa.

Tidak berhenti disitu, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembacaan shalawat al barjanji bersama dengan dewan guru dan mahasiswa PPL INISNU Temanggung dan UNSIQ Wonosobo pada 18 Oktober 2021 mendatang. (Sofiyatus Sa’adah)

Bagikan :

Tambahkan Komentar