Temanggung, TABAYUNA.com - Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau lebih dikenal dengan singkatan ANBK adalah salah satu program dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.  Jika dulunya ujian akhir sekolah diikuti oleh siswa kelas 6, maka pada ANBK, peserta ujian adalah siswa yang duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar.


Setelah menjadi keputusan final, tentunya semua sekolah dasar di Indonesia wajib mengikuti ANBK. Tak ketinggalan, MI Mandisari yang terletak di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung pun ikut serta untuk menyukseskan program dari Menteri Pendidikan tersebut. Kepala sekolah MI Mandisari, Sarini, mengatakan bahwa Madrasah Ibtidaiyahnya melaksanakan ANBK dari tanggal 26 Oktober sampai 27 Oktober 2022. 


Dalam menyelenggarakan ANBK, MI Mandisari memanfaatkan ruang kelas sebagai tempat pelaksanaan ujian online. Sekolah menyulap ruang kelas menjadi laboratorium komputer dengan menyediakan 10 perangkat laptop untuk peserta, 1 laptop untuk teknisi dan 1 laptop sebagai servernya. Diharapkan peserta ANBK yang berjumlah 30 orang siswa merasakan kenyamanan di dalam ruangan tersebut dan dapat mengikuti ujian online dengan lancar. Untuk pelaksanaannya, MI Mandisari membagi waktu ANBK menjadi 3 sesi dan setiap sesi memakan waktu sekitar 2 jam. ANBK dimulai dari jam 8 pagi sampai 1 siang. 


“Pelaksanaan ANBK semoga dapat mendatangkan manfaat untuk sekolah maupun untuk para pesertanya. Dilihat dari sisi sekolah, ANBK dapat meningkatkan mutu sekolah dan kualitas belajar mengajar. Dari sisi peserta didik, ANBK dapat membuat siswa lebih melek terhadap teknologi masa kini khususnya penggunaan laptop sebagai media belajar online. Yang terpenting, ANBK dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui secara gamblang kemampuan literasi dan numerasi dari masing masing siswa” katanya.


Kegiatan ANBK di MI Mandisari berjalan dengan mulus. Para guru dan siswa terlihat begitu senang  sekaligus lega karena mampu mengikuti ujian online dengan baik. Kedepannya, Kepala Sekolah MI Mandisari berharap sekolahnya dapat memiliki ruangan laboratorium komputer lengkap dengan perangkat yang dibutuhkan sehingga ANBK selanjutnya tidak menemui kendala. (TB33).

Bagikan :

Tambahkan Komentar