Oleh: Candra Wati

Mahasiswa PAI INISNU Temanggung

Pancasila bukan sekedar identitas dalam wujud lambang yang bersifat fisik, namun Pancasila lebih pada identitas bangsa dalam wujud psikis, yakni yang mencerminkan watak dan perilaku manusia Indonesia. Pancasila sebagai penanda bukan hanya bersifat fisik, melainkan juga meliputi nilai-nilai dan konsepsi, Pancasila adalah penanda bagi Indonesia yang bersifat nonfisik.

Identitas nasional adalah suatu konstruksi. Ada lima unsur konstruksi dalam identitas nasional yakni: pertama, ingatan kolektif yang menghubungkan masa lalu dan masa kini; kedua, unsur sejarah; ketiga, bahasa; keempat, daerah; dan kelima, adalah nilai-nilai.

Pancasila dapat menjadi dasar dalam membangun identitas nasional. Identitas dapat disejajarkan dengan istilah jatidiri, Pancasila merupakan pernyataan jatidiri bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan suatu Living Reality. Pancasila ini sekaligus merupakan jatidiri bangsa Indonesia. Bapak Soekarno yang merupakan bapak presiden pertama Republik Indonesia mengusulkan gagasan agar dasar negara yang akan didirikan itu adalah Pancasila, yang merupakan prinsip dasar dan nilai dasar yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Secara singkat dikatakan Pancasila sebagai pernyataan jatidiri, di satu fihak mempunyai dasarnya pada fakta empiris, di lain pihak Pancasila bisa memberi orientasi ke arah cita-cita bangsa yang memang masih harus digulati terus-menerus.

Pancasila itu tidak hanya diajarkan di dunia pendidikan saja, namun Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat maupun kekeluargaan. Sehingga sebagai warga negara Indonesia tentunya kita perlu membina dan memupuk kepribadian kita sehingga bangkitlah kembali Pancasila dalan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sehingga persatuan Indonesia akan terwujud apabila setiap rakyat Indonesia saling menghargai sesama lain. Karena kunci kedamaian dan persatuan adalan saling menghargai.

Terciptanya identitas nasional bukan hanya semata-mata sebagai pameran dalam negara tatapi juga pedoman dalam menjalankan hidup entah itu dari aspek hukum, sosial, pendidikan, norma, agama, tradisi dan lain sebagainya. Identitas nasional juga sebagai landasan negara, juga sebagai alat pemersatu bangsa karena di Indonesia ada berbagai macam suku bangsa, adat istiadat, budaya, agama, serta bahasa. Jika negara Indonesia tidak mempunyai suatu pedoman, landasan, identitas,  maka negara Indonesia ini akan terpecah belah menjadi rombe-rombe tidak beraturan, padahal syarat negara merdeka adalah bersatu padunya masyarakat berbangsa dan bernegara, menjadi satu kesatuan bangsa yang merdeka.

Dizaman yang semakin modern ini bisa dikatakan Indonesia dijajah secara tidak langsung oleh bangsa asing. Entah itu dari segi finansial maupun pola pikir. Kenapa bisa dikatakan seperti itu?, karena banyak sekali flora fauna, kekayaan bumi, tambang, hasil bumi dikuasai oleh negara asing dengan jaminan kontrak puluhan tahun. Adapun dari segi pola pikir sudah tidak diragukan lagi apalagi anak-anak yang tumbuh berkembang diera globalisasi ini mereka sangat dengan mudah merespon kecanggihan duniawi. Bukan hanya kecanggihan dalam segi teknologi komunikasi tetapi mereka juga sangat dengan mudah terbawa alur budaya yang masuk kedalam negri entah itu positif maupun negatif.

Pancasila adalah dasar negara, dasar negara kita adalah Pancasila. Sebagai generasi muda Indonesia seharusnnya sudah mengetahui apa itu identitas nasional bangsa kita. Namun faktanya masih banyak generasi muda dan rakyat Indonesia yang belum tahu tentang apa itu identitas nasional dan apa saja perwujud dari identitas nasional bangsa Indonesia itu sendiri. Seringkali kita marah dan demo ketika aset identitas nasional kita direbut atau ditiru oleh Negara lain, tapi dalam pengaplikasiannya kita sebagai warga negara Indonesia hanya bersikap pasif tidak tahu harus berlaku apa dan enggan untuk menggembangkannya.

 

Pancasila sebagai Nasional Identity memuat nilai-nilai yang baik dan tidak menyimpang. Oleh karena itu Pancasila perlu sekali untuk diterapkan karena didalam Pancasila mengandung nilai-nilai yang sangat luhur dan mulia yang telah digali dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Apabila nilai Pancasila telah digunakan dengan baik, maka bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan damai.

Kita sebagai generasi muda harus menyongsong hambatan kemajuan negara kita, dengan berlandaskan konstitusi yang ada, dengan ideologi yang ada, dengan identitas yang ada kita harus menerapkan apa yang harus kita terapkan dalam memajukan bangsa ini. karena versi Indonesia yang sesungguhnya itu tergantung pada kita, jadi apa kita itulah Indonesia.

Pancasila merupakan sebuah kekuatan ide yang berakar dari bumi Indonesia untuk menghadapi nilai-nilai dari luar, sebagai sistem saraf atau filter terhadap berbagai pengaruh yang datang dari luar negri.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila akan dapat membangun sistem masyarakat Indonesia untuk menghadapi ancaman kekuatan yang datang dari luar. Sekaligus menyeleksi hal-hal baik yang dapat diserap.

Pancasila merupakan suatu kejadian etis dan moral yang harus dilestarikan oleh semua generasi dalam semua bidang tanpa terkecuali. Karena Pancasila adalah pelajaran yang penting dan patut untuk diperhitungkan dan diberikan diberbagai jenjang.

Pancasila telah digunakan sejak dulu, yang digunakan sebagai acuan moral atau etika kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila merupakan upaya sadar dan terencana mencerdaskan kehidupan bangsa warga negara Indonesia. Dengan menumbuhkan jatidiri dan moral bangsa sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara dan kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa negara.

Jadi kita sebagai warga negara Indonesia dan penerus bangsa harus membuat Indonesia ini semakin maju dan tidak nyeleweng dari landasan Pancasila yang sudah sejak dulu.

Pancasila sebagai tameng, jurus atau senjata dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin gila ini. Pancasila wajib dijadikan sebagai pandangan hidup khususnya bagi generasi muda masa kini. Pandangan hidup mengandung konsep dasar kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa, termuat pikiran-pikiran dan gagasan suatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik, yang akan membawa hidup dan kehidupan bangsa pada tujuan bersama.

Pancasila sudah ada semenjak rakyat ini belum merdeka saat negara di jajah oleh negara asing disitulah terdapat kekuatan pancasila yang bisa menyatukan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu melawan penjajah hasilnya pun sgt membahagiakan dimana rakyat Indonesia bisa mengusir penjajah dari negara Indonesia Pancasila sangat cocok untuk di jadikan pedoman negara Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke dan masyarakat yang beraneka ragam.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar