Oleh Virama Isaroh

Mahasiswa INISNU Temanggung

 

Manajemen diperlukan untuk meningkatkan sumber daya dalam suatu organisasi, tujuannya yaitu memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif. Dan dalam bidang lembaga pendidikan anak usia dini juga dibutuhkan menejemen yang efektif. Tujuannya agar pengelolaan lembaga PAUD dapat berlangsung dengan baik. Manajemen program PAUD yaitu menejemen pendirian PAUD. Persyaratan minimal manajemen PAUD yaitu ada peserta didik, ada pengelola PAUD, ada pendidik dan tenaga kependidikannya, tersedia sarana dan prasarannya, memiliki program kegiatan belajar-mengajarnya, dan tersedia sumber dana untuk pelaksanaan pendidikan.

Dengan adanya manajemen PAUD, akan mempermudah bagi pengelola atau kepala PAUD untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan. Perencanaan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dituangkan ke dalam visi misi lembaga,  dan strategi untuk mencapai tujuan nya. Usahakan dalam membuat perencanaan dilengkapi dengan table penjadwalankapan program mulai dan kapan program selesai.

Pada pengorganisasian, dengan adanya manajemen pendidikan anak usia dini, pengorganisasian akan dapat dilakukan dengan mudah karena komponen pendidikan anak usia dini yang didalamnya terdapat sumber daya dapat bekerja sama membentuk sebuah system untuk mencapai tujuan tertentu.

Seorang pengelola pendidikan anak usia dini, tidak boleh disibukkan dengan pekerjaan intern lembaga yang dipimpinnya.ia harus melihat keluar mencari ide baru agar pendidikan anak usia dini bisa maju. Pengelola pendidikan anak usia dini juga harus mengajar dikelas dan tentu jam mengajarnya tidak sebanyak guru-guru lain karena, ia juga harus tahu kondisi lapangan dengan instasi yang dipimpinya sehingga ia mengetahui persis program yang harus dilaksanakan.

Dengan adanya manajemen pendidikan anak usia dini (PAUD) pengawasan akan menjadi lebih mudah karena pengelola PAUD akan membagi pekerjaan individu-individu yang terlibat guna mencapai tujuan. Untuk menilai baik atau buruknya akan tetapi seorang kepala sekolah harus memberikan motivasi, arahan dalam lebih mengoptimalkan lagi hasil kerja yang dicapai para individu.

Mengacu pada pengertian manajemen Penidikan Anak Usia Dini, tujuan utama adalah untuk memastikan anak usia dini di Indonesia agar mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal. Adapun pertumbuhan tersebut adalah pekembangan fisik motorik, perkembangan kecerdasan kognitif, perkembangan social emosional, perkembangan komunikasi.

Dengan adanya menejemen pendidikan anak usia dini maka diharapkan semua program pendidikan anak usia dini dapat terlaksana dengan baik. Program tersebut tentunya melibatkan banyak pihak mulai dari orang tua, tenaga pendidik, lingkungan sekolah, da lain sebagainya.

Pendidikan berkualitas akan terwujud manakala proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal. Dengan kata lain melalui pembelajaran guru dapat mengembangkan pengetahuan , ketrampilan dan sikap siswa sehingga dapat bermanfaat untuk kehidupan di masa depannya.

Proses pembelajaran tidak akan berlangsung efektif tanpa adanya usaha dari guru dengan menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Terdapat tiga hal yang harus dilakukan guru dalam menciptakan suasana belajar yang efektif yaitu menggunakan motivasi siswa, melibatkan siswa dalam prosses pembelajran, menarik minat dan perhatian siswa.

Bagikan :

Tambahkan Komentar