Tabayuna.com - Cara membasmi penyebar hoax di Facebook, Twitter dan Instagram ini sudah diulas secara rinci di koran Jawa Pos, 17 Agustus 2017 halaman 2. Hoax atau hoaks sebagai berita bohong, fitnah, selama ini memang merasahkan masyarakat Indonesia, dan khususnya lagi di kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga: Video Tolak FDS Oleh NU Banyumas Dengan Teriakan "Bunuh Menteri" Hoaxnya Lucu Banget

NU banyak diserang dari berbagai penjuru. Oleh karena itu, santri harus melek literasi dan bisa melawan hoax di media sosial. Berikut cara membasmi penyebar hoax di medsos.

1. Di Facebook (FB)
Klik profil org atau halaman fbnya. Cari tombol titik tiga horizontal (...) di sebelah tulisan share atau massage. Setelah itu, pilih report atau report page. Ikuti intruksi apa yg ingin Anda lakukan.

2. Di Twitter
Klik profil org yg dilaporkan. Cari tombol titik tiga vertikal di sebelah follow atau following. Lalu, pilih report. Ikuti instruksi apa yg ingin Anda laporkan.

3. Di Instagram
Klik profil orang yg dilaporkan. Cari tombol titik tiga vertikal di sebelah kanan add a comment. Lalu, pilih report. Ikuti instruksi apa yg Anda ingin laporkan.

4. Di Blogspot
Kunjungi https://google.com/blogger/answer/76315?hl=id, lalu pilih jenis laporan dan ikuti instruksinya.

5. Di WordPress
Kunjungi https://en.word-press.com/abuse/. Setelah itu, ikuti instruksi apa yg ingin Anda laporkan.

6.Di YouTube
Kunjungi https://www.you-tube.com/reportabuse. Selanjutnya, ikuti instruksi apa yg ingin Anda laporkan.

Demikian cara cepat, kilat, mudah dan murah cara membasmi penyebar hoax melalui beberapa trik jitu. Silakan coba dan linguni kiai, jaga NKRI dan selamat NU dari fitnah keji. Semoga berkah dan manfaat.(TB44).

Bagikan :

Tambahkan Komentar