Pelajar SMK JAPA saat ngaji bersama
Pati, TABAYUNA.com - Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jamaah Pasrah (JAPA) Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengadakan kegiatan kajian Alquran di bulan suci Ramadan tahun 2018 ini. Selain itu, mereka juga diajak mengaji kitab Washiyatul Musthofa yaitu kitab yang berisi wasiat-wasiat Rasulullah Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali bin Abi Tholib.


"SMK JAPA di bulan Ramadan mengadakan kegiatan kajian Alquran dan kitab salaf," kata Minanurrahman Kepala SMK Japa kepada Tabayuna.com, Senin (28/5/2018).

Pihaknya menjelaskan, kitab salaf yang dipilih adalah kitab Washiyatul Musthofa yang merupakana kitab berisi kumpulan pesan Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali RA yang terangkum dalam beberapa bagian.

Dalam kitab itu, selain mukaddimah, di dalamnya ada beberapa fashal. Mulai dari fashal wudlu dan salat, fasahl tentang shaum (puasa), sedekah, lalu fashal tentang doa, istighfar, Alquran, dan zikir, fashal tentang al-Shidqi (jujur ) dan al-Shidaqah (pertemanan), fashal tentang taubat, menjaga lidah, wara', dan lain sebagainya.
Meski sekolah berlabel SMK, Minan menegaskan bahwa pola pendidikan di SMK Japa berbasis pondok pesantren dan berbeda dengan SMK pada umumnya.

Salah satu buktinya, digelar pesantren Ramadan dengan mengkaji kitab Washiyatul Musthofa ini. Sebab, menurut Minan, dari pesan, nasihat, wasiat Nabi Muhammad yang menjadi anutan umat Islam, pelajar SMK Japa bisa meneladani Nabi Muhammad melalui media kitab salaf tersebut.

Dijelaskan dia, dari pola ini diharapkan akan tertanam karakter-karakter mulia seperti jujur, rendah hati, disiplin, toleran, dan lainnya yang harus menjadi bekal anak-anak di masa yang akan datang. (tb44/hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar